Tanda Rahasia di Jalan

Halo, Smart Ladies!


Aspal jalanan diberi berbagai macam tanda garis putih dan lain sebagainya bukanlah tanda rahasia yang hanya diketahui orang tertentu saja. Tanda-tanda tersebut dikenal dengan nama marka jalan.


Marka jalan berupa garis membujur, melintang, serong, serta lainnya mempunyai makna yang patut kita ketahui. Sebagai pengguna jalan yang baik, sudah semestinya memahami makna marka jalan agar kita disiplin dalam berlalu lintas dan aman dalam berkendara. Berikut makna marka jalan atau tanda rahasia di jalan.


1. Marka Melintang


Marka Melintang ada dua macam, yaitu marka melintang utuh yang artinya tanda berhenti kendaraan dan marka melintang garis putus-putus yang artinya sebagai tanda berhenti untuk kendaraan serta memberikan kesempatan kendaraan lain untuk mendahului.


2. Marka Garis Membujur


Marka garis membujur mempunyai makna untuk mengarahkan lalu lintas, memperingatkan akan adanya marka lain di depan, dan memisahkan lajur kiri dan kanan. Marka jenis ini ada 3 macam, yaitu marka garis membujur utuh yang maknanya pengemudi atau pengendara dilarang melintasi marka ini, marka garis membujur putus-putus maknanya pengendara dipersilakan mendahului pengendara lain dan berpindah jalur, dan marka kombinasi yang maknanya pengendara bisa menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas.


Ada juga marka garis membujur ganda utuh yang maknanya pengendara harus mengambil lajur sebelah kiri pengendara dan tidak diperbolehkan melintasi garis ini baik untuk membelok atau untuk mendahului kendaraan lain.


3. Marka Serong


Marka serong adalah tanda yang membentuk garis utuh yang tidak termasuk marka membujur dan melintang. Marka ini digunakan untuk menyatakan suatu wilayah permukaan jalan bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan. Marka ini biasanya terletak di jalan tol setelah pintu masuk, digunakan sebagai area khusus untuk kendaraan yang bermasalah.


4. Marka Lambang


Marka lambang maknanya memberi peringatan, perintah, dan larangan untuk melengkapi atau menegaskan maksud dari lambang tersebut. Marka ini bentuknya berupa panah, segitiga, dan tulisan yang biasanya menunjukkan arah ke kota A, B, dan lainnya.


5. Marka Lainnya


Marka ini contohnya seperti Yellow Box Junction ( ybc ) bertujuan untuk mencegah kemacetan yang mengakibatkan arus kendaraan di jalur lain mati. Biasanya, pengguna jalan tidak akan masuk area ybc, walaupun lampu lalu lintas menunjukkan warna hijau. Mereka menunggu sampai kendaraan yang berada di daerah ybc keluar. Bagi yang melakukan pelanggaran akan mendapatkan sangsi.


Ladies, marilah berdisiplin lalu lintas dengan memahami makna dari marka jalan. Disiplin lalu lintas akan memberi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Semoga bermanfaat.



Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment