Inilah 5 Manfaat MOS bagi Siswa Baru

Halo, Smart Ladies!

Tahun ajaran baru telah dimulai. Mengadakan MOS (Masa Orientasi Siswa) selama beberapa hari sudah menjadi tradisi di sekolah-sekolah lanjutan. Bagi sebagian orang, MOS dianggap bentuk kegiatan yang mengandung kekerasan. Hal ini karena beberapa kali terekspos di pemberitaan bahwa ada siswa yang menjadi korban pada saat pelaksanaan MOS. Peristiwa seperti itu terjadi akibat praktik-praktik MOS yang tidak tepat. Jika pihak sekolah melakukan proses MOS dengan benar, tidak akan ada korban dalam pelaksanaan MOS.

Kegiatan MOS sebenarnya justru membawa manfaat bagi para siswa baru. Nah, Ladies, berikut lima manfaat yang dapat diperoleh siswa baru dari kegiatan MOS.

1. Mengenal Lingkungan Sekolah Baru secara Umum

Tujuan dari MOS adalah supaya para siswa baru bisa lebih mengenal seluk-beluk lingkungan sekolah. Kegiatan-kegiatan selama MOS berlangsung mengarahkan siswa baru untuk mengenal guru-guru, kegiatan ekstrakurikuler, dan budaya sekolah.

2. Saling Mengenal Teman Baru

Pada kegiatan MOS, umumnya siswa baru dalam satu kelas akan dibuat dibagi menjadi beberapa kelompok. Secara tidak langsung, siswa baru akan berinteraksi dengan teman dalam satu kelompok. Inilah yang akan membuat mereka saling mengenal pada masa-masa awal memasuki sekolah baru.

3. Mengasah Mental Siswa

MOS memang kental dengan nuansa ketegasan. Selama tidak mengarah pada tindakan kekerasan, tidak akan menjadi masalah. Siswa baru akan dihadapkan pada sikap-sikap tegas dari para senior pelaksana MOS. Tujuan sebenarnya bukan sebagai ajang balas dendam dari senior kepada juniornya, tetapi mengasah mental para siswa agar siap menghadapi situasi keras dan kesulitan-kesulitan yang kelak bisa saja hadir.

4. Melatih Sikap Disiplin Siswa

Selama kegiatan MOS, ada aturan-aturan yang harus dipatuhi para peserta. Aturan ini biasanya tidak jauh dari peraturan sekolah itu sendiri yang telah disesuaikan. Aturan yang diterapkan meliputi jam masuk sekolah, tugas-tugas yang harus diselesaikan, dan perlengkapan yang harus dibawa. Dengan memenuhi semua aturan-aturan tersebut, siswa akan terlatih untuk mematuhi berbagai aturan yang kelak akan ditemuinya, baik dalam lingkungan masyarakat maupun lingkungan pekerjaan.

5. Mengasah Daya Kreativitas Siswa

Selama masa pelaksanaan MOS, pasti ada perlengkapan yang harus dibawa peserta. Perlengkapan itu bukan yang biasa, tetapi yang unik dan lucu. Nah, hal ini maksudnya agar siswa mengerahkan kreativitasnya untuk membuat perlengkapan tersebut. Tidak ada salahnya orang tua ikut membantu, tetapi tetap melibatkan anak dalam membuat perlengkapan seperti membuat prakarya untuk tugas sekolah.

Nah, Ladies, itulah manfaat dari kegiatan MOS bagi siswa baru. Kegiatan MOS yang dilakukan dengan benar akan membentuk anak menjadi pribadi yang kuat, tangguh, tidak mudah menyerah, dan penuh kreativitas. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar utama : matakita.co

Ira Mutiara

Seorang Ibu Rumah Tangga yang berdomisili di Bekasi. Berlatar belakang sebagai Akuntan Perpajakan dan sedang menekuni bisnis herbal halal HNI HPAI. Saat ini juga aktif mengikuti berbagai pelatihan dan event kepenulisan baik fiksi maupun nonfiksi.
Ira Mutiara

Related posts

Leave a Comment