Lakukan 5 Cara Ini agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak di Akhir Bulan

Halo, Smart Ladies!

Penggunaan listrik memang sangat memudahkan berbagai aktivitas mulai dari mencuci baju, memasak nasi, menggunakan AC, menyimpan bahan makanan, hingga aktivitas-aktivitas lainnya. Dengan kemudahan ini, kita menjadi sangat bergantung pada penggunaan listrik.

Sayangnya, kita kadang tidak sadar jika penggunaan listrik yang terlalu banyak akan berdampak pada membengkaknya tagihan listrik di akhir bulan. Nah, untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik, Ladies bisa menyiasati dengan melakukan lima cara menghemat listrik berikut ini.


1. Hemat dalam Penggunaan AC

AC merupakan salah satu peralatan elektronik yang paling banyak mengonsumsi listrik. Pilihlah AC hemat energi yang mampu mengatur suhu ruangan secara otomatis. Sesuaikan juga suhu AC dengan luas dan jumlah orang yang ada di dalam ruangan.

Saat Ladies tidak berada di rumah, matikan saja AC-nya, jangan biarkan tetap menyala karena tagihan listrik akan membengkak


2. Hemat dalam Pemakaian Lampu

Kita sering membiarkan lampu menyala sepanjang hari karena takut gelap. Untuk menghemat pemakaian listrik, mulailah memanfaatkan sinar matahari sebagai penerang di siang hari. Meskipun tidak seterang lampu, sinar matahari sudah cukup untuk menerangi ruangan. Nyalakan lampu saat benar-benar dibutuhkan. Kita juga bisa menggunakan lampu hemat energi yang membutuhkan listrik relatif sedikit.


3. Hemat dalam Penggunaan Mesin Cuci

Untuk menggunakan mesin cuci secara bijak, hindari mencuci pakaian terlalu sedikit. Agar lebih hemat, cukup gunakan mesin cuci dua atau tiga hari sekali. Hindari mencuci dengan air panas karena energi yang dikeluarkan mesin cuci akan bertambah yang berarti konsumsi listrik semakin besar.


4. Hemat dalam Penggunaan Kulkas

Hindari memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas karena suhu panas akan menyebabkan mesin pendingin bekerja lebih berat. Pengatur suhu kulkas secara otomatis akan bekerja memaksimalkan pendingin agar makanan kembali dingin sesuai temperatur kulkas. Akibatnya, konsumsi listrik meningkat dan tagihan listrik pun membengkak. 


5. Cabut Kabel dari Saklar saat Tidak Digunakan

Kebanyakan orang tidak langsung mencabut kabel dari colokan setelah mengecas gawai atau melakukan aktivitas lain yang berhubungan dengan colokan. Padahal, meskipun dalam keadaan tidak terpakai, arus listrik tetap mengalir melalui kabel sehingga listrik akan terbuang sia-sia. Oleh karena itu, sebaiknya segera cabut kabel peralatan elektronik dari colokan jika tidak digunakan.

Ladies, itulah lima cara menghemat listrik yang bisa dilakukan agar tagihan listrik tidak membengkak di akhir bulan. Yuk, segera ubah kebiasaan buruk dalam penggunaan listrik mulai sekarang dan rasakan perbedaannya! Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Comment