Ini Dia, Cara Pintar Merangsang Kecerdasan Anak Sejak dalam Kandungan

Halo, Smart Ladies!

Siapa yang tidak menginginkan anak cerdas? Meskipun kecerdasan yang diperoleh anak di luar kecerdasan akademik, melihatnya tumbuh dengan dengan bakat alami tentu sangat membanggakan. Untuk buah hati tersayang, pasti ada banyak hal yang Smart Ladies siap lakukan. Termasuk untuk mengasah kecerdasannya. Lalu, sejak kapan kecerdasan anak perlu dirangsang?

Perlu Smart Ladies ketahui bahwa menanamkan kecerdasan pada anak dapat dilakukan sejak berada dalam kandungan. Dr. David B. Chamberlain, seorang spesialis kandungan dari Boston University, Amerika Serikat, menganjurkan untuk mengajar dan mengembagkan kecerdasan anak sejak dalam kandungan. Meskipun kemampuan berpikirnya masih terbatas, tapi pada usia kandungan tertentu janin telah memiliki kemampuan menyerap beragam informasi dari luar kandungan.

Dengan cara berpikirnya yang masih sederhana, bagaimana merangsang kecerdasan anak sejak dalam kandungan? Berikut adalah tiga cara merangsang kecerdasan anak.


1. Memberikan Rangsangan Sentuhan

Berikan rangsangan berupa sentuhan dengan cara sering mengelus perut.  Elusan yang sering dilakukan akan membuat janin terangsang kemampuan kognitifnya. Otaknya akan merespon setiap sentuhan yang dirasakan, salah satunya dengan cara menendang. Mengelus perut juga dapat menjadi cara untuk menguatkan hubungan emosional antara ibu dan janin. Sebelum lahir, janin telah merasakan kasih sayang dan kehadiran seseorang yang akan menjaganya.


2. Memberikan Stimulasi Audio atau Pendengaran

Stimulasi audio dapat berupa musik, murotal, atau percakapan ibu dan janin. Semua jenis audio yang disukai ibu hamil dan dapat menenangkan, akan memberikan ketenangan pada janin. Pengaruh audio bagi janin sama halnya dengan pengaruh audio pada manusia. Apa yang didengarkan akan menjadi nilai hidupnya. Pengaruh audio dapat menjadi salah satu faktor pembangun kecerdasan efektif bagi janin. Percakapan ibu dan janin juga menjadi hal yang tak bisa disepelekan. Dengan sering melakukannya, janin akan merekam apa yang didengar dari luar kandungan.


3. Memberikan Rangsangan Cahaya

Rangsangan cahaya dilakukan dengan mengarahkan senter ke kiri kanan atau atas bawah. Bisa juga dengan berpindah posisi antara ruangan gelap dan terang. Sambil mengubah cahaya, ibu dapat menjelaskan kepada janin tentang konsep gelap dan terang. Hal ini bermanfaat untuk melatih kemampuan mata dan kecerdasan motoriknya.

Smart Ladies mau mendidik anak menjadi apa? Yuk, rangsang kecerdasannya sejak berada dalam kandungan! Pohon yang kuat adalah yang dijaga dan dirawat sejak berbentuk tunas. Demikian juga dengan anak-anak. Masa depannya tergantung dari apa yang kita ajarkan sejak dini.

Related posts

Leave a Comment