Tujuh Nasihat Ustaz Arifin Ilham


Halo, Smart Ladies!


Ustaz Arifin Ilham termasuk ustaz yang dikagumi sekaligus menjadi panutan banyak orang. Ceramahnya selalu berapi-api dan membuat semangat beribadah bertambah.


Namun, Allah memanggil beliau begitu cepat. Usia Ustaz Arifin Ilham saat meninggal masih terbilang muda. Sebelum meninggal, banyak nasihat yang ditinggalkan untuk kita. Berikut tujuh nasihat Ustaz Arifin Ilham.

 

1. Tahajjud

Salat malam adalah bukti seseorang dekat dengan Yang Maha Pencipta. Saat malam, doa yang kita panjatkan akan lebih banyak dikabulkan Allah.
Tahajjud juga sebagai tanda kemuliaan seorang mukmin. Salat malam akan lebih membuat diri semakin dekat dengan Allah.


2. Membaca Alquran sebelum Matahari Terbit

Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, kita membaca Alquran terlebih dahulu dengan disertai pemahaman. Dengan membaca, berarti kita telah:
– menelaah kandungan Alquran dan mencerna isinya.
– mengkaji Alquran sebagai petunjuk hidup kita agar lebih baik dan terarah.
– berusaha melaksanakan semua yang diperintahkan dan menjauhi larangan-Nya.


3. Jangan Tinggalkan Masjid terutama di Waktu Subuh

Sebelum melangkah kemana pun, langkahkan kaki ke masjid karena masjid merupakan pusat keberkahan. Bukan karena panggilan muazin, tetapi panggilan Allah kepada orang beriman untuk memakmurkan masjid-Nya. Waktu subuh adalah waktu yang lebih baik dari dunia beserta isinya. Menjalankan Salat Subuh berjamaah dapat semakin menambah keimanan dan ketakwaan.


4. Menjaga Salat Duha

Jaga Salat Duha karena kunci rezeki terletak pada Salat Duha. Waktu duha adalah sesudah matahari terbit hingga menjelang di atas kepala.
Menjadikan Salat Duha sebagai kegiatan rutin akan menjadikan kita diberi limpahan rizki Allah. Waktu duha adalah sedekah kita kepada badan sehingga menjadi lebih sehat dan tulang menjadi kuat.


5. Jaga Sedekah Setiap Hari

Allah menyukai orang yang suka bersedekah. Malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari. Bersedekah tidak harus banyak jumlahnya dan tidak harus berbentuk uang. Sedekah bisa dalam bentuk tenaga dengan membantu orang yang kesulitan berjalan dan membuang duri atau batu di jalan yang mengganggu.


6. Jaga Wudu 

Menjaga diri dengan berwudu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yg berwudu. Khalifah Ali bin Abi Thalib berkata, “Orang yang selalu berwudu senantiasa akan merasa selalu salat walau ia sedang tidak salat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, yaitu ampuni dosa sayangi dia, Ya Allah.”


7. Amalkan Istigfar Setiap Saat

Usahakan setiap hari bibir dan hati selalu beristigfar. Dengan beristigfar setiap hari, Allah akan menjauhkan kita dari masalah yang terjadi akibat perbuatan dosa yang dilakukan.

Menjauhnya masalah tentu membuat hidup akan lebih tenang dan nyaman. Istigfar juga menjaga diri kita selalu ingat kepada Allah dan hati lebih ikhlas dengan segala takdir yang ditetapkan Allah. Demikian tujuh nasihat Ustaz Arifin Ilham. Semoga bermanfaat.

 

Sumber gambar utama : Instagram/@kh_m_arifin_ilham

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment