5 Sektor Industri Kreatif dan Beberapa Peluangnya

Halo, Smart Ladies!


Zaman milenial telah mengubah segalanya. Semua bidang mengalami kemajuan, termasuk sektor usaha. Perusahaan atau usaha yang lama tergantikan dengan usaha yang baru dan lebih modern.


Sektor industri kreatif lebih memberikan peluang untuk berkembang dan maju dibandingkan industri lainnya. Namun begitu, peluang masih tetap ada, bahkan ide baru bermunculan dari sana.


Nah, Ladies, berikut 5 sektor industri kreatif dan beberapa peluangnya.


1. Periklanan


Peluang usaha yang berhubungan dengan industri periklanan, di antaranya riset produk dan pemasarannya, material iklan, media iklan, dan tampilan iklan baik di media cetak maupun elektronik. Peluang di bidang tersebut sangat besar karena perusahaan yang sudah terkenal sekalipun tetap membutuhkan iklan agar usahanya tetap dikenal masyarakat.


2. Kerajinan


Industri kreatif yang berhubungan dengan kerajinan antara lain kerajinan dari bambu, batu mulia, kain, kayu, dan juga kaca. Hasil kerajinan berbahan bambu sekarang sudah beragam, misalnya kursi tamu, tempat tidur, lampu, dan masih banyak lagi.

Kerajinan berbahan kaca pun kini sudah berbagai macam, misalnya kaca hias, vas bunga, dan lain-lain. Aksesori, terutama untuk wanita ikut berkembang pesat.


3. Video, Film, dan Fotografi


Walaupun gawai sudah dilengkapi kamera yang beresolusi tinggi, industri video, foto, dan film justru makin maju. Hal tersebut karena para pebisnis daring membutuhkan dokumen foto yang bagus untuk menarik konsumen.
Perusahan besar juga menggunakan jasa video untuk membuat profilnya agar lebih menarik saat memprentasikan bisnis dengan calon investor atau rekanan bisnis.



4. Permainan Edukatif dan Interaktif


Di era digital, sekarang ini banyak orang tua memanfaatkan gawai sebagai alat bantu untuk belajar anak. Dengan gawai, orang tua dapat mengunduh permainan yang sifatnya mendidik dan interaktif, misalnya belajar membaca, berhitung, mewarnai, hingga guru daring untuk mendampingi pelajar memahami pelajaran. Begitu juga dengan permainan dalam ruangan dan luar ruangan berkembang luar biasa sehingga orang tua lebih punya banyak alternatif untuk mendampingi anak bermain.


5. Penerbitan dan Percetakan


Walaupun dunia literasi di Indonesia masih rendah, tetapi akhir-akhir ini perkembangan penerbitan dan percetakan buku mengalami kemajuan. Penerbit minor mulai menunjukkan gigi dengan merangkul para penulis pemula membuat berbagai antologi. Percetakan juga mengalami kenaikan yang signifikan, dari pembuatan banner, spanduk, dan brosur untuk para UMKM yang melakukan promo dan pameran.


Nah, Ladies, peluang usaha kreatif masih akan terus bermunculan, marilah menjadi bagian di dalamnya. Semoga sukses.

 

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment