Empat Gejala Strok yang Wajib Diwaspadai

Adakah keluarga, kerabat, atau sahabat Smart Ladies yang mengalami strok? Sayang sekali, umumnya kita baru mengetahui setelah mereka mengalaminya, ya.

Tahukah Ladies apa itu strok? Penyakit strok adalah gejala gangguan saraf yang disebabkan pembuluh darah tersumbat atau pecah. Gambarannya seperti ini, jika aliran darah ke otak kita mengalami hambatan, akan akan terjadi penyumbatan. Hal tersebut mengakibatkan sistem kerja otak kurang berfungsi dengan baik.

Sebenarnya, gejala strok itu bisa kita ketahui sejak awal. Hal ini penting untuk kita ketahui. Jangan sampai setelah menelan korban, bahkan merenggut nyawa seseorang, baru disadari.

Seorang ahli neurologi menyatakan, dalam tiga jam pertama menjelang strok, segera kenali gejalanya dan hendaknya penderita cepat dibawa menuju klinik atau tenaga medis terdekat. Jika tertangani dengan cepat, penderita bisa membaik dalam waktu relatif singkat, bahkan sembuh total. Apakah gejala stroke yang mudah diketahui dan wajib diwaspadai?

Para dokter memperkenalkan istilah S-T-R sebagai langkah yang mudah Ladies lakukan dan tanyakan kepada pasien yang diduga menderita strok ringan di awal sakit.

 

1. Smile  (Senyum)

Mintalah penderita untuk tersenyum sejenak. Jika saat tersenyum terlihat pipinya miring atau tidak simetris, bisa kita prediksi ada kelumpuhan saraf sebagai gejala strok.

2. Talk  (Bicara)

Mintalah pasien berbicara kepada kita dengan sebuah kalimat sederhana dan singkat yang mudah diucapkan. Jika pengucapan kalimat tersebut tidak jelas, bisa jadi pasien tersebut memang mengalami gejala strok.

3. Raise Both Arms (Mengangkat Kedua Lengan)

Hal berikutnya adalah meminta pasien mengangkat kedua lengan. Jika orang tersebut mengalami kesulitan, berarti ada kelumpuhan yang merupakan bagian gejala strok.

4. Lidah

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mendeteksi gejala strok adalah meminta pasien menjulurkan lidahnya. Bila lidah orang tersebut terlihat bengkok, menyimpang ke satu arah, ini termasuk gejala strok.

 

Smart Ladies, jika gejala-gejala tersebut terlihat pada pasien, jangan tunggu lama lagi. Segeralah membawa pasien menuju klinik atau rumah sakit terdekat agar cepat mendapatkan penanganan. Ceritakanlah kepada dokter atau petugas medis gejala yang terlihat pada pasien.

Ingat, Ladies, jangan sampai menunda lebih dari tiga jam karena kerusakan sistem saraf dapat meluas dan menjadi permanen. Pengetahuan ini sangat membantu siapa pun karena kita tidak pernah mengetahui kapan gejala strok menyerang seseorang. Selain itu, hikmah mengetahui gejala strok sejak dini adalah Ladies akan terpacu untuk selalu menjaga kesehatan. Semoga kita terhindar dari strok.

Sumber: bestagaric.web.id

Juli Dwi Susanti

Guru-Dosen Pendidikan Matematika, Perempuan Pembelajar (Long Life Learner), Motivator, yang mencintai menulis sebagai lukisan jiwa, terapi hati, sharing dan caring. Are you?
Juli Dwi Susanti

Related posts

Leave a Comment