5 Cara Menemani Anak Liburan Sekolah yang Murah dan Mengasyikkan

Bulan Juli anak-anak menerima rapor dan dilanjutkan liburan sekolah. Beberapa orang tua ada yang sibuk mencari sekolah ke jenjang berikutnya, ada pula yang bingung harus melakukan apa untuk mengisi liburan sekolah.

Orang tua yang mampu atau berduit mungkin tidak akan akan bingung apalagi galau. Berlibur ke luar negeri atau luar kota bisa dengan mudah dilakukan. Namun, untuk golongan menengah ke bawah harus memutar otak untuk bisa memberikan liburan murah dan menyenangkan bagi anak.

Ladies, berikut cara menemani anak liburan sekolah yang murah dan mengasyikkan.


1. Jalan-jalan ke Area Persawahan

Sawah bisa menjadi tempat alternatif untuk memberikan sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi anak. Menangkap belut atau keong bisa menjadi hiburan tersendiri. Keseruan bermain lumpur juga bisa dilakukan di sawah. Bergulat dengan lumpur dan air tanpa takut kotor akan membuat anak lebih dekat dengan alam.


2. Membuat Kue dan Makanan Kesukaan Anak

Ajak anak-anak membuat kue kesukaan mereka di dapur. Keseruan menakar bahan kue, memanggang atau mengukus akan menjadi hiburan yang mengasyikkan buat mereka. Ladies bisa mencoba berkreativitas dari resep yang mudah dilakukan. Ciptakan menu baru bahkan bisa saja dilakukan, mengeksplorasi, atau menciptakan makanan baru yang lebih enak.


3. Memanah dan Berenang

Memanah, berkuda, dan berenang adalah olahraga sunah Nabi Muhammad. Ajak mereka untuk lebih mengenal tentang memanah. Hampir setiap kota ada tempat dan klub olahraga memanah dan renang.
Berenang juga bisa dilakukan di sungai, jadi tidak hanya berenang di kolam renang. Berenang di sungai yang jernih akan lebih menantang dan keseruannya akan dikenang oleh anak-anak.


4. Bermain dengan Permainan Tradisional

Petak umpet, gobak sodor, egrang, dan lompat tali adalah permainan zaman dahulu yang sudah hampir punah. Orang tua bisa mengajarkan permainan itu kepada anak-anak. Ajak teman dan tetangga untuk ikut bersama dalam permainan tersebut. Bermain holahop dan dakon bisa dilakukan dengan alat yang mudah dan sederhana. Biaya yang dikeluarkan tidak akan menguras isi kantong kita.


5. Berkemah

Beberapa kota menyediakan tempat sebagai arena perkemahan. Ladies bisa mengajak anak-anak ke perkemahan dan berkemah bersama mereka. 
Ajak anak-anak lebih mengenal lingkungan dan dekat dengan alam. Tidur di bawah taburan bintang di langit tentu akan menjadi sensasi yang berbeda. Jika orang tua tidak mau terlalu repot berkemah bisa juga dilakukan di halaman rumah dengan menggunakan tenda portabel.

Nah Ladies, semoga tips di atas bisa menjadi alternatif untuk memberikan liburan yang murah dan mengasyikkan.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Latest posts by Yutaka Latifah (see all)

Related posts

Leave a Comment