Yuk, Ketahui Beberapa Hikmah yang Terdapat dalam Salat

Halo, Smart Ladies!

Sebagai muslim, tentunya kita mengetahui bahwa rukun Islam yang ke dua adalah salat. Salat merupakan ibadah wajib yang harus ditegakkan. Tidak ada alasan untuk meninggalkan salat. Selama nyawa masih menyelimuti jasmani maka salat harus ditegakkan. Salat merupakan tiang agama. Ibaratnya, sebuah bangunan yang memiliki tiang atau fondasi rapuh maka akan rapuh. Oleh sebab itu, kita harus membiasakan salat sejak dini terumata pada usia anak-anak.


Usia balita merupakan fase keemasan bagi setiap orang. Pada fase tersebut, anak akan menyerap semua yang disampaikan serta tertanam dalam hati dan pikirannya. Selain sebagai ibadah, salat juga mengandung hikmah yang bermanfaat.


Berikut beberapa hikmah yang terdapat dalam salat:


1. Salat Bisa Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar


Dalam sebuah hadis dikatakan, “Dirikanlah salat, sesungguhnya salat dapat mencegah diri dari perbuatan keji dan mungkar”. Dalam hadis tersebut, jelas dikatan bahwa salat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Salat merupakan pahala yang pertama kali dihisab saat di akhirat. Jika seseorang sering melakukan dosa, seperti giba, dusta, dan lain sebagainya, dosa tersebut akan mengisap pahala salat. Nah, inilah yang ditakutkan oleh orang yang selalu menegakkan salat. Oleh karena itulah, orang yang selalu menjaga salat akan berusaha menghindari dosa besar agar pahala salatnya tidak sia-sia.


2. Salat Mengajarkan Disiplin Waktu



Ibadah ini dilakukan lima waktu dalam sehari semalam, yaitu salat Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya. Semua salat telah ditentukan waktunya. Membiasakan salat tepat pada waktunya mengajarkan kita hidup disiplin. Dalam kehidupan sehari-hari, hendaknya kita menghargai waktu. Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya karena masa lalu tidak akan kembali.


3. Salat Mengajarkan untuk Menjaga Ukhuwah


Dalam salat lima waktu ada istilah salat berjemaah. Esensi dari salat berjemaah adalah untuk menjaga ukhuwah atau persaudaraan. Seluruh jemaah wajib merapatkan barisan tanpa memandang orang kaya atau miskin, semua sama. Dalam kehidupan, sesama muslim hendaklah untuk menjaga silaturahmi tanpa memandang derajat dan kedudukan.


4. Salat Mengajarkan untuk Saling Mendoakan


Pada akhir ritual salat, seorang muslim mengucapkan salam sambil menengok ke kanan dan ke kiri. Filosofi salam di akhir salat adalah setiap muslim saling mendoakan orang-orang di sekelilingnya agar mendapat kesejahteraan dan keselamatan dari Allah.


Oke, Ladies, itulah hikmah yang terkandung dalam salat. Sebagai muslim, hendaklah kita menjaga salat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Yuk, kita salat, sebelum disalatkan.

Related posts

Leave a Comment