5 Tips Mengusir Rasa Kesepian di Rumah

Hai, Smart Ladies!

Terkadang, kita merasa tak nyaman dan bosan saat sendirian di rumah, tempat indekos, atau kontrakan.

Umumnya, rasa kesepian diiringi gelisah, was-was, bahkan panik. Beberapa penyebab munculnya rasa kesepian di antaranya adalah putus dengan pasangan, jauh dari keluarga, merantau, atau belum mempunyai pasangan atau sedang jomlo. Akibatnya, kita kurang bersemangat menjalani hidup sehari-hari.

Rasa kesepian juga ditengarai bisa berlangsung dalam waktu lama karena kekhawatiran berlebihan akan masa depan. Lima tips berikut ini dapat mengusir rasa kesepian Ladies.


1. Menata Ulang Dekorasi Tempat Tinggal

Sebagian orang lebih senang mengatur sendiri tempat tinggalnya tanpa melibatkan orang lain. Menata ulang dekorasi rumah dapat mengatasai rasa kesepian dan kejenuhan sehingga suasana kembali menyenangkan.


2. Mengatur Pencahayaan Rumah

Jika kita terbiasa tinggal dengan cahaya ruangan yang redup bahkan gelap, sebaiknya mulailah beralih. Tambahkanlah beberapa pencahayaan yang dapat memberikan kesegaran tempat tinggal dengan beberapa lampu atau membuka tirai dan jendela saat siang.  Hal ini dilakukan agar kita merasa terhubung dengan dunia luar. 


3. Memelihara Tanaman atau Hewan

Meluangkan waktu untuk memelihara tanaman atau memiliki hewan peliharaan dapat mengembalikan gairah dan mengusir rasa kesepian. Bermain dengan hewan, seperti kucing, marmut, dan kelinci dapat membuat tubuh lebih aktif bergerak. Demikian juga dengan merawat tanaman. Proses menyiram, memberi pupuk pada tanaman dapat mengalihkan pikiran dan mengusir sepi.


4. Membuat Jadwal Rutinitas

Membuat jadwal aktivitas sehari-hari dipercaya membantu mengusir rasa kesepian karena hidup lebih teratur. Dengan demikian, nyaris tak ada waktu yang terbuang.


5. Melibatkan Diri dalam Kegiatan di Luar Rumah

Terlibat suatu aktivitas di sekitar tempat tinggal sedikit banyak membantu mengusir rasa kesepian yang melanda karena akan sibuk dan tidak sempat merasa kesepian.

Dengan kesendirian, privasi kita akan lebih terjaga. Namun, jika tidak dikelola, kesepian akan mendatangkan efek negatif dalam kehidupan yang kita jalani. Semoga kelima tips diatas berguna sehingga tetap semangat.

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment