Terima Rapor? Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua Setelah Menerima Rapor Anak

Halo, Smart Ladies!

Setiap akhir tahun ajaran baru, sekolah akan memberikan rapor sebagai laporan pihak sekolah kepada orang tua tentang perkembangan pendidikan anak mereka.

Rapor juga dijadikan orang tua sebagai bukti perkembangan anak dalam menyerap pelajaran sekolah selama ini. Berbagai reaksi diberikan oleh orang tua setelah menerima rapor. Ada yang memberi reaksi baik, ada juga yang memberi reaksi marah, terutama saat mengetahui peringkat di sekolah rendah dan banyak nilai merah.

Nah, Ladies, berikut yang harus dilakukan orang tua setelah menerima rapor.


1. Beri Apresiasi Positif

Apa pun hasil yang tertera di rapor, beri mereka apresiasi positif baik dalam bentuk pujian maupun kata bijak untuk menghibur anak, jika nilainya mengecewakan alias banyak nilai merah. Apresiasi yang positif akan membuat dia merasa dihargai dan bangkit untuk belajar lebih giat lagi.

 

2. Tidak Memamerkan di Media Sosial

Banyak orang tua, terutama ibu, zaman sekarang yang semua kegiatannya dipamerkan di media sosial, termasuk nilai rapor. Sebaiknya ibu bijak dalam hal memamerkan nilai rapor.

Nilai rapor yang dipamerkan biasanya nilai yang mengagumkan. Hal ini akan membuat beberapa orang merasa cemburu dan akhirnya memicu munculnya perilaku membandingkan anak dengan anak lainnya. Selain itu, memamerkan nilai rapor akan membuat semua orang tahu data anak kita, apalagi jika bagian penting tentang anak tak ditutupi.

 

3. Tidak Membandingkan dengan Saudara atau Tetangga

Setiap anak mempunyai kecerdasan yang berbeda dan memiliki kelebihan yang berbeda pula. Kecerdasan itu kadang bukan di bidang akademis, melainkan bisa saja di bidang seni atau olahraga. Jika cerdas di bidang seni, biasanya anak cenderung memiliki nilai akademis yang kurang bagus. Biarkan mereka berkembang sesuai kecerdasan yang dimilikinya. Tak perlu menyalahkan atau membandingkan dengan saudara atau tetangga yang lebih pintar.

 

So, Ladies, mulai sekarang lebih bijak lagi setelah menerima rapor anak-anak. Semoga bermanfaat.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Latest posts by Yutaka Latifah (see all)

Related posts

Leave a Comment