Persiapkan 5 Hal Ini agar Anak Tak Mogok di Hari Pertama Masuk Sekolah

Banyak pemandangan khas terlihat di hari pertama masuk sekolah. Smart Ladies mungkin pernah mengalaminya. Ladies harus merayu dan menenangkan anak yang terus merajuk.

Tangisan dan genggamannya makin kencang dengan harapan Ladies akan mengajaknya pulang dan menjauh dari lingkungan itu. Ladies bahkan ikut masuk dan duduk di dalam kelas dan dibantu guru untuk menenangkan anak.

Di hari pertama sekolah, wajar jika anak merasa asing dengan lingkungan sekolah yang penuh wajah-wajah baru dan anak-anak sebaya. Kejadian di atas tidak akan terjadi jika sejak awal Ladies telah mempersiapkan lima hal berikut.

 

1. Memperkenalkan Lingkungan Sekolah

Memperkenalkan lingkungan sekolah kepada anak bisa dilakukan sejak awal. Ladies dapat melakukannya melalui percakapan bahkan kunjungan ke sekolah. Jika sulit, Ladies lakukan melalui internet atau gambar-gambar.

 

2. Mengajak Anak Memilih Sekolah

Izinkan anak mengenal lebih dari satu sekolah beserta kelebihan-kelebihan dan fasilitas yang dimiliki. Ajak anak berkunjung dan bertanya mengenai sekolah serta biarkan dia bermain di lingkungan sekolah untuk merasakan atmosfirnya. Meskipun akhirnya Ladies yang menentukan sekolahnya, anak akan merasa dihargai karena diajak berdiskusi mengenai sekolah pilihannya.

 

3. Berbelanja Perlengkapan Sekolah

Seorang anak, sekecil apa pun dia, akan senang jika diajak berbelanja. Karena itu, luangkanlah waktu bersamanya untuk membeli perlengkapan sekolah. Dampak positif akan dirasakan saat anak memiliki antusiasme terhadap kegiatan sekolah.

 

4. Menjelaskan Konsekuensi

Memberikan cerita manis tentang sekolah merupakan strategi ampuh agar anak mau bersekolah di hari pertama. Namun, hal itu akan mendorongnya mogok sekolah jika setelah beberapa hari tidak menemukan hal yang menyenangkan.

Ceritakanlah pada anak tentang konsekuensi yang harus dijalani ketika bersekolah, seperti tidur lebih awal, bangun lebih awal, mengerjakan tugas yang diberikan guru, hingga mematuhi dan menghormati guru.

 

5. Belajar Bersosialisasi

Mengajarkan anak bersosialisasi merupakan hal yang tak kalah penting dalam mempersiapkan anak masuk sekolah. Kemampuan anak bersosialisasi dapat Ladies latih mulai dari hal-hal kecil, misalnya menyapa tetangga, menanyakan kabar kerabat jauh, atau mengajak anak ke tempat-tempat yang memungkinkan terjadi interaksi dengan orang lain, baik teman sebaya atau orang dewasa.
Jika anak terbiasa berinteraksi dengan lingkungan, dia akan mudah dekat dengan guru atau mendapat teman baru di sekolah.

Ladies, dengan lima persiapan di atas, anak lebih mandiri, berani berangkat sekolah tanpa didampingi orang tua, dan tidak mogok di hari pertama masuk sekolah. Selamat mencoba!

irma sugrianti solihat

founder at KB AL FATAH
ibu rumah tangga dengan 4 putra-putri, sedang menyukai belajar kepenulisan dan hal-hal mengenai pendidikan dan parenting.
irma sugrianti solihat

Related posts

Leave a Comment