Karir Berlanjut, ASI Tetap Lancar

Seorang ibu tentu mendambakan sang anak mendapatkan ASI eksklusif karena ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Namun, Ladies yang baru menjadi ibu sering kali merasa bingung untuk tetap bekerja atau berhenti demi sang anak.


Jika tetap bekerja, Ladies mungkin khawatir kebutuhan ASI anak tak terpenuhi, bahkan kekurangan. Namun, untuk mengganti susu formula pun berat rasanya. Apakah Ladies tengah mengalami kebingungan serupa?


Tenang, itu hal yang wajar. Untuk menjawab kekhawatiran Smart Ladies, cobalah beberapa tips agar ASI tetap melimpah meski tetap bekerja berikut ini.


1. Siapkan Pompa ASI

Menjelang melahirkan, sebaiknya Ladies menyiapkan pompa ASI terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyediakan plastik khusus ASI atau botol untuk menyimpan ASI.


2. Sterilkan Kulkas

Perlu diketahui bahwa ASI yang disimpan di freezer tahan cukup lama, yaitu sekitar tiga sampai empat minggu. Oleh karena itu, sebelum sang anak lahir, sterilkan freezer terlebih dahulu.


3. Pompa ASI Saat Menyusui

Jangan ada kata malas untuk memompa ASI, meskipun sang anak baru berusia dua atau tiga hari. Biasanya, diusia sedini itu, ketika payudara sebelah kanan sedang disusukan, payudara sebelah kiri juga memproduksi ASI, bahkan sering keluar sangat deras. Sangat sayang jika ASI tersebut terbuang percuma. Ketika sang anak sedang menyusu di payudara sebelah kanan, segera tampung ASI yang keluar di payudara sebelah kiri.


4. Minta Bantuan Suami

Smart Ladies mungkin akan merasa kesulitan memompa ASI sambil menyusui. Tenang, jangan khawatir. Mintalah bantuan suami untuk membantu memompa payudara yang satu lagi.


5. Segera Simpan di Dalam Freezer

Masukkan ASI yang sudah terkumpul ke dalam plastik khusus ASI atau botol bening. Lalu, simpan ASI tersebut di freezer.


6. Tandai ASI

Berikan tanggal pada setiap wadah ASI untuk menghindari ASI kedaluwarsa.


7. Istikamah

Smart Ladies harus istikamah memompa agar ASI terkumpul banyak sehingga nanti ketika habis masa cuti, tidak khawatir lagi kekurangan.

Jika sudah memiliki persediaan melimpah, maka tak ada lagi rasa khawatir anak akan kekurangan ASI.

Nah, Smart Ladies jangan takut dan bimbang lagi untuk menentukan resign atau lanjut bekerja. Gunakan tips di atas sembari dibantu doa agar Allah mudahkan segala urusan.

Related posts

Leave a Comment