Wajib Tahu, 5 Jenis Sayuran ini Berbahaya jika Disantap Mentah

Siapa yang tidak suka lalap? Di warung-warung khas sunda selalu tersedia lalap, dilengkapi sambal terasi yang sangat menggugah selera makan. Namun, ternyata tidak semua sayuran aman disantap mentah.
Lantas, sayuran apa saja yang tidak aman dikonsumsi mentah? Mari kita simak uraian berikut.

 

1. Daun Pepaya

Mengapa daun pepaya berbahaya jika disantap mentah? Ternyata, getah daun pepaya mengandung hidrogen sianida saat mentah. Getah tersebut akan hilang jika direbus. Itulah sebabnya, daun pepaya harus direbus terlebih dahulu baru dapat diolah atau dijadikan lalap.

 

2. Daun Singkong

Daun singkong sama halnya dengan daun pepaya, mengandung zat sianida sehingga sebelum disantap wajib direbus terlebih dahulu. Zat sianida yang terdapat pada daun singkong akan menurun ke akarnya. Artinya, singkong pun tidak boleh disantap dalam keadaan mentah.

 

3. Terong

Terong mentah mempunyai kandungan beracun, yakni solanine. Kandungannya lumayan tinggi pada terong muda atau yang dipetik lebih dini. Jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak, kita akan mengalami keracunan dari solanine tersebut. Jadi, pastikan terong dimasak terlebih dahulu sebelum disantap.

 

4. Taoge atau Kecambah

Taoge mentah merupakan tempat berkembang biak bakteri berbahaya, seperti salmonela, E.coli, dan listeria. Habitat taoge yang hangat dan lembap menjadi tempat bakteri-bakteri tersebut berkembang. Oleh karena itu, konsumsilah taoge dalam keadaan matang, baik direbus maupun disayur agar aman dan terhindar dari bakteri jahat tersebut.

 

5. Kol atau Kubis

Kol atau kubis sebenarnya dapat dimakan mentah, tetapi ada sebagian orang yang memiliki masalah ketika mengonsumsinya tanpa diolah terlebih dahulu. Kol atau kubis, kembang kol, dan lainnya yang sejenis mengandung gula majemuk yang disebut raffinose. Zat raffinose ini tidak dapat diserap oleh tubuh dan dipecah oleh bakteri baik di usus besar. Akibatnya, perut akan merasa kembung dan terjadi penumpukan gas.

 

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis lalapan yang akan cukup membahayakan tubuh dan kesehatan jika disantap dalam keadaan mentah. Mari kita menyantap makanan secara sehat agar badan selalu fit.
Semoga bermanfaat!

Purwani Wijayanti

Penulis konten writer, Mak Comblang Joeragan Artikel (JA), Marketing Penerbitan, PJ sekaligus editor antologi anak mondok JA, dan masih ngantor.
Purwani Wijayanti

Related posts

Leave a Comment