Ragam Rujak Nusantara. Nomor Empat Paling Mudah Diolah

Halo, Smart Ladies!

Sejak dahulu, Indonesia terkenal dengan kulinernya. Beraneka ragam makanan bisa dijumpai di mana pun kita berada. Bahkan, kuliner Indonesia telah menarik minat banyak wisatawan mancanegara. Salah satu kudapan yang digemari masyarakat Indonesia hingga mancanegara adalah rujak. Rujak buah, misalnya, yang dikenal memiliki aroma bumbunya yang tajam dan tampilan yang menawan. Tak heran jika sebagian orang tergoda untuk segera menyantapnya.

Lantas, apa sebenarnya rujak itu? Dalam Kamus Bahasa Indonesia, rujak diartikan sebagai makanan yang terdiri dari buah-buahan disertai sayuran yang diiris atau ditumbuk. Kemudian diberi bumbu yang terdiri atas asam, gula, cabai, dan sebagainya.

Campuran di atas akan menghasilkan rasa yang gurih, renyah, dan segar. Tak ayal, jika kita tidak sabar untuk segera melahap kuliner tradisional ini. Namun, seiring perkembangan kuliner Indonesia, olahan rujak makin bervariasi, baik dari segi campuran bahan maupun tampilan rujak. Ladies pun bisa mengganti kudapan yang biasa dikonsumsi selama ini dengan rujak.

Nah, Ladies, berikut ini empat varian rujak yang bisa mengganti kudapan lainnya, nomor empat mudah diolah.


1. Rujak Serut atau Gobet

Rujak serut atau gobet dikenal menjadi teman pencuci mulut yang segar dan nikmat. Campuran buah jeruk bali menjadi ciri khas yang membuat aroma dan rasa dari rujak serut tidak bisa dilupakan.


2. Rujak Kuah Pindang

Tidak hanya tampilannya yang unik, rasanya juga sensasional. Keunikan sensasi rujak kuah pindang ini berasal dari paduan dari rasa asam, manis, dan pedas. Rujak kuah pindang makin menggugah selera jika disantap saat siang hari karena dipadukan dengan tambahan kuah ikan pindang segar.


3. Rujak Es Krim

Rujak es krim sudah tak asing lagi bagi masyarakat Yogyakarta. Berbagai jenis buah segar ditambah bumbu rujak pedas dan es krim aneka rasa akan mampu membuat lidah kita tak ingin berhenti bergoyang. Wajar saja, kudapan rujak es krim menjadi primadona.


4. Rujak Petis

Rujak petis tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah. Rujak petis tidak sulit diolah karena penyajiannya sangat mudah dan sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya beberapa buah segar yang diiris tipis, lalu ditaburi bumbu kacang dan petis secukupnya.

Buah-buahan segar yang menjadi bahan utama dari kudapan rujak selain menarik, nikmat, dan menyehatkan, juga segar. Oleh karena itu, pantas bila kudapan rujak kerap mampu mengganti makanan kecil saat menemani waktu luang atau saat santai. Dari keempat jenis kudapan rujak di atas, favorit Ladies?

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment