Mengenal Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan

Halo, Smart Ladies! 

Pernahkah Ladies minum susu kambing? Mungkin, mendengar kata “susu kambing”, yang langsung terbayang adalah aroma khas kambing yang kurang disukai sebagian orang. Namun, rasa susu ini tidaklah membawa aroma khas daging kambing. Bagi yang sudah biasa minum susu sapi, rasa susu kambing tidaklah jauh berbeda. Susu kambing sendiri juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Susu kambing, khususnya dari jenis etawa, mempunyai nutrisi dan manfaat yang sangat istimewa. Kandungan protein di dalamnya hampir dapat disetarakan dengan Air Susu Ibu (ASI) dan lebih baik daripada telur. Jadi, susu kambing dapat dikonsumsi bayi dan baik diminum ibu hamil. Seperti dikutip dari Diktat Kuliah Herba Thibbunnabawi Tingkat Dasar HNI, susu kambing mempunyai beberapa manfaat, yaitu :

1. Mempunyai sifat antiseptik alami dan bisa membantu menekan  pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya flourin yang kadarnya 10 –100 kali lebih besar dari flourin pada susu sapi.

2. Proteinnya lembut dan efek laktasenya ringan sehingga tidak menyebabkan diare dan aman untuk bayi.

3. Lemak mudah dicerna karena teksturnya lembut dan halus yang lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi.

4. Kandungan kalsium yang tinggi dapat membantu mengobati reumatik dan mencegah kerapuhan tulang.

5. Membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung.

6. Mengobati reaksi-reaksi alergi pada kulit, saluran napas, dan pencernaan.

7. Mengobati beberapa penyakit paru-paru, seperti asma, TBC, dan infeksi akut lainnya.

8. Mengobati kelainan ginjal, seperti nepbrotic syndrome atau sindrom nefrotik , infeksi ginjal, dan asam urat tinggi.

Kalau mengonsumsi daging kambing dapat memicu tekanan darah tinggi, lain halnya dengan susu kambing. Susu kambing yang mempunyai sifat basa tidak akan memicu tekanan darah tinggi.

Sifat basa ini jugalah yang membuat susu kambing bermanfaat mengatasi masalah seputar paru-paru, pencernaan, dan ginjal. Bagi Ladies yang mempunyai masalah tersebut, sangat dianjurkan mengonsumsi susu kambing secara tertatur.

Nah, untuk anak-anak yang alergi susu sapi, dapat diberikan susu kambing untuk memenuhi asupan gizinya. Begitu juga dengan ibu hamil dan ibu menyusui, minum susu kambing dapat menunjang kesehatan dan menghasilkan ASI yang lebih enak rasanya. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi susu kambing karena manfaatnya banyak dan dapat diminum segala usia.

Bagaimana Ladies, tertarik untuk mengonsumsi susu kambing? Ladies bisa mencarinya ke peternakan kambing perah, apotek-apotek tertentu, atau toko-toko herbal terdekat.

Ira Mutiara

Seorang Ibu Rumah Tangga yang berdomisili di Bekasi. Berlatar belakang sebagai Akuntan Perpajakan dan sedang menekuni bisnis herbal halal HNI HPAI. Saat ini juga aktif mengikuti berbagai pelatihan dan event kepenulisan baik fiksi maupun nonfiksi.
Ira Mutiara

Related posts

Leave a Comment