Bumbu Dapur Ini Dapat Digunakan Untuk Pertolongan Pertama Naiknya Asam Lambung

Halo, Smart Ladies!

Pernahkah mengalami tiba-tiba perut terasa kaku, sakit seperti tertusuk-tusuk, bahkan sampai sulit bernapas? Itu adalah gejala naiknya asam lambung. Jangan dianggap enteng ya, Ladies.

Asam Lambung yang naik ke daerah jantung dapat membuat ritme jantung terganggu sehingga jantung berdebar-debar kencang. Selain itu, asam lambung yang naik ke paru-paru dapat menyebabkan sesak napas. Serangan vertigo juga dapat disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Nah, karena naiknya asam lambung ini dapat menimbulkan gangguan-gangguan lain di dalam tubuh maka akan lebih baik kita hindari faktor-faktor penyebabnya. Mungkin banyak yang mengira kalau penyebab naiknya asam lambung adalah terlambat makan, meminum kopi, makanan asam, dan makanan pedas. Memang hal-hal tersebut bisa juga menyebabkan naiknya asam lambung, tetapi hanya penyebab sekunder, bukan penyebab utama.

Penyebab utama naiknya asam lambung adalah pikiran yang berlebihan atau stres dan badan yang kurang bergerak. Stres merupakan penyebab paling utama naiknya asam lambung. Stres dapat menaikkan asam lambung lebih cepat daripada terlambat makan, apalagi ditambah dengan kurang menggerakkan badan.

Kurangnya menggerakkan badan dapat membuat gerak peristaltik pada usus dan lambung melemah sehingga asam lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk. Salah satu contoh, habis makan langsung tiduran akan membuat usus tidak dapat mencerna dengan baik sehingga memicu asam lambung keluar lebih banyak.

Ketika asam lambung naik, kita perlu segera mengambil tindakan untuk mengatasinya. Kebanyakan orang akan langsung minum obat mag dan minum teh manis panas. Namun, itu bukan tindakan yang tepat . Yang harus dilakukan pertama kali untuk mengatasi naiknya asam lambung adalah dengan menetralisir kadar asam tersebut menggunakan garam.

Sifat kimiawi garam yang basa dapat menetralkan asam lambung. Caranya adalah hisap garam sejumput, tahan sebentar di lidah, lalu telan dan minum air hangat. Bisa juga dengan membuat larutan garam dengan air hangat, lalu diminum. Tunggu sampai sepuluh atau lima belas menit, barulah minum obat.

Nah, Ladies, coba deh cara di atas untuk mengatasi naiknya asam lambung. Bagi penderita darah tinggi tidak perlu khawatir karena mengonsumsi sedikit garam tanpa dimasak tidak akan menaikkan tekanan darah. Selamat mencoba.

Ira Mutiara

Seorang Ibu Rumah Tangga yang berdomisili di Bekasi. Berlatar belakang sebagai Akuntan Perpajakan dan sedang menekuni bisnis herbal halal HNI HPAI. Saat ini juga aktif mengikuti berbagai pelatihan dan event kepenulisan baik fiksi maupun nonfiksi.
Ira Mutiara

Related posts

Leave a Comment