4 Manfaat Orang Tua Main Bersama Anak

Hai, Smart Ladies! Dunia anak adalah dunia bermain. Hampir setiap hari, waktu anak diisi dengan bermain. Selain menyenangkan, bermain juga meningkatkan daya tahan tubuh anak.


Linda Acredolo, penulis buku Baby Signs: How to Talk With Your Baby Before Your Baby Can Talk and Baby Minds: Brain-Building Games Your Baby Will Love, mengungkapkan bermain bukan sekadar kegiatan yang membuat anak senang. Namun, ada proses belajar yang akan dilakukan anak. Anak belajar memecahkan masalah, membangun keterampilan, serta melatih fisik dan mentalnya.


Saat orang tua mengasuh anak, keterlibatan bermain bersama buah hati tentu dapat memberikan manfaat untuknya. Bantuan-bantuan kecil bisa dilakukan agar waktu bermain menjadi lebih menyenangkan. Berikut empat manfaat orang tua ikut main bersama anak.


1. Mempererat Ikatan Emosional

Berbagi momen bersama, terutama saat perkembangan dan pertumbuhan anak sangatlah penting. Salah satunya, ikut bermain dengan si kecil. Dapat mempererat ikatan emosional yang lebih dalam antara orang tua dan anak. Ikatan tersebut dapat menjadikan si kecil lebih nyaman dengan lingkungannya, sekaligus merasa mendapatkan dukungan terbaik dari orang tuanya. Selain itu, pendampingan orang tua juga bisa membuat hubungan dengan si kecil menjadi lebih erat dan hangat. Ikatan yang baik di rumah dapat menjadi modal bagi anak untuk melatih kemampuan sosial dan emosi saat besar nanti.

2. Mengembangkan Imajinasi Anak

Ketika anak bermain, imajinasi yang dimiliki anak terkadang kurang berkembang sehingga butuh stimulus dari orang tua. Di sinilah peran orang tua ikut bermain bersama anak, yaitu untuk merangsang atau menstimulus imajinasi anak. Orang tua bisa mengajarkan anak memanfaatkan satu benda dapat bermacam-macam kegunaannya. Mengajarkan anak menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan ide-ide kreatif sehingga pemikiran anak berkembang.

3. Memahami Kebutuhan Anak

Keterlibatan saat menemani buah hati bermain bisa membuat orang tua tahu apa yang dibutuhkan anak. Anak akan membutuhkan sesuatu sesuai dengan fase usianya. Ketika orang tua sudah peka terhadap kebutuhan anak, maka orang tua akan lebih mudah memberikan mainan yang tepat bagi anaknya.

4. Baik untuk Kesehatan Orang Tua

Saat bermain, anak dan orang tua akan melakukan interaksi, baik berupa komunikasi maupun gerakan. Nah, interaksi inilah yang membuat orang tua akan terasa santai dan rileks saat bermain bersama anak. Pikiran yang tenang dan hati yang tentram dapat menyehat jasmani.

So, Ladies, itulah tadi beberapa hal yang bisa menjadi pembelajaran, pentingnya bermain bersama anak. Semoga bermanfaat, ya.

Related posts

Leave a Comment