Ini Dia, 5 Alasan Supaya Ladies Tidak Berhenti Menuntut Ilmu

Hai, Smart Ladies!


Menjadi seorang ibu rumah tangga tidak berarti harus berhenti menuntut ilmu. Menuntut ilmu tidak dibatasi waktu dan tempat, sekalipun tinggal di pedesaan atau daerah terpencil. Banyak cara dapat dilakukan untuk belajar, terutama di era digital. Menuntut ilmu tidak harus meninggalkan kewajiban utama sebagai ibu atau istri. Anak tidak terbengkalai dan rumah tetap tertata, dengan sistem belajar dalam jaringan atau online.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan Ladies untuk tidak berhenti menuntut ilmu :


1. Menuntut Ilmu Sebagai Kewajiban


Ajaran agama memerintahkan manusia untuk memperbanyak ilmu Pengetahuan. Agama tidak membatasi bidang ilmu yang harus dipelajari, sepanjang ilmu tersebut bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia maupun akhirat. Ladies dapat memilih mempelajari ilmu sesuai minat dan kebutuhan.


2. Ibu Sebagai Landasan Pendidikan

Agama islam mengatakan bahwa Ibu adalah madrasah atau sekolah pertama bagi anak. Anak akan memiliki pondasi pendidikan yang kuat dari seorang ibu, terutama pendidikan akhlak. Pondasi pendidikan yang kuat adalah bekal anak untuk bertahan dalam kondisi digitalisasi dunia yang semakin meroket. Bahkan, Ladies yang berilmu akan mampu memberi motivasi pada pasangan untuk meningkatkan kualitas diri.


3. Ilmu Sebagai Warisan


Warisan tidak hanya berbentuk harta. Terkadang warisan materi tidak dapat bertahan lama.dapat diwariskan kepada keturunan tanpa batas, tidak sebatas tujuh turunan. Ilmu merupakan harta yang tak berwujud tetapi bernilai tinggi.


4. Menjadi Wanita Mandiri


Memiliki pengetahuan tinggi membuat Ladies dapat menata diri untuk lebih mandiri, tidak tergantung pada suami baik secara materi ataupun emosi. Dengan ilmu, Ladies akan mudah mengatur emosi, tidak bersikap sombong atau egois. Demikian pula dalam aspek finansial, Ladies lebih mampu survive dalam kondisi apa pun. Bahkan, Ladies akan mampu memberi motivasi pasangan membantu suami dalam menjemput rezeki bagi keluarga.


5. Mendapat Posisi Tertinggi


Orang berilmu akan tampak berbeda dengan orang yang tuna ilmu. Posisi orang berilmu akan tampak lebih di hadapan manusia, terlebih di hadapan Sang Kuasa. Allah menjanjikan derajat tertinggi bagi orang-orang yang bertakwa dan yang berilmu.


Nah, dengan demikian, tidak alasan lagi bagi seorang istri untuk berhenti sebagai pembelajar. Seorang istri yang hebat akan menjadi pilar yang kuat bagi keluarga. Bukankah seorang ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang berkualitas?

irma sugrianti solihat

founder at KB AL FATAH
ibu rumah tangga dengan 4 putra-putri, sedang menyukai belajar kepenulisan dan hal-hal mengenai pendidikan dan parenting.
irma sugrianti solihat

Related posts

Leave a Comment