10 Cara Sederhana untuk Mengurangi Sampah

Halo, Smart Ladies!


Produksi sampah terus melimpah. Tidak sekedar mengotori lingkungan, sampah juga mulai merusak ekosistem laut. Banyak hewan laut yang akhirnya teracuni sampah, khususnya sampah yang sulit terurai dengan baik.


Untuk menyelamatkan lingkungan, Ladies bisa memulainya dengan mengurangi produksi sampah itu sendiri. Nah, berikut 10 cara sederhana yang bisa Smart Ladies lakukan untuk mengurangi sampah.


1. Pikir Ulang Sebelum Menerima Brosur atau Barang Promosi

Saat pergi ke suatu tempat, kita sering menerima kertas atau barang lain yang biasa digunakan sebagai media promosi. Setelah kita terima, barang-barang itu pun hanya tergeletak di rumah tanpa pernah digunakan. Bila hal ini terjadi, kita harus mulai selektif menerima barang-barang promosi semacam ini.


2. Hindari Penggunaan Kantong Plastik

Penggunaan kantong plastik saat berbelanja seringkali tidak bisa dihindari. Kita mau tidak mau harus menerima kantong plastik untuk membawa barang belanjaan yang banyak. Untuk menyiasati hal ini, Ladies bisa membawa tas belanja dari rumah sehingga ada alasan untuk menolak kantong plastik yang ditawarkan penjual.


3. Bawa Wadah Sendiri saat Berbelanja

Jika Ladies ingin membeli makanan untuk dibawa pulang, jangan lupa menyiapkan wadah sendiri. Dengan wadah ini, Ladies telah mengurangi sampah yang berasal dari bungkus makanan tersebut.


4. Hindari Penggunaan Sedotan Plastik

Saat makan di restoran, kita cenderung menggunakan sedotan plastik untuk minum. Nah, mulai sekarang, Ladies bisa mengganti sedotan plastik sekali buang dengan sedotan logam.


5. Gunakan Reusable Food Wrap

Kalau Ladies sering menggunakan plastic cling wrap untuk membungkus makanan, bisa mulai menggantinya dengan reusable food wrap. Pembungkus makanan ini, selain bisa digunakan berkali-kali juga lebih ramah lingkungan karena bahannya mudah diuraikan.


6. Bawa Botol Minum Sendiri

Alih-alih membeli air mineral kemasan, Ladies bisa membawa botol air minum sendiri dari rumah. Selain lebih hemat, Ladies juga sudah berkontribusi meminimalkan sampah.


7. Hindari Penggunaan Alat Makan dari Plastik

Beberapa penjual makanan biasanya memberikan sendok atau alat makan lain yang terbuat dari plastik kepada kita. Ladies bisa mulai menolak dengan membawa alat makan dari rumah.


8. Ganti Sikat Gigi Plastik dengan Sikat Gigi Berbahan Bambu

Sikat gigi plastik yang kita gunakan ternyata juga menyumbangkan sampah yang cukup besar. Untuk menguranginya, Ladies bisa mulai mengganti sikat gigi plastik berbahan bambu.


9. Gunakan Menstrual Cup

Saat menstruasi, kita cenderung menghasilkan sampah dari pembalut-pembalut wanita yang kita pakai. Ladies bisa mulai menggantinya dengan menstrual cup yang aman dan ramah lingkungan.


10. Kurangi Penggunaan Kertas

Kita juga perlu meminimalkan penggunaan kertas, lo. Caranya dengan beralih ke produk digital, misalnya dengan menggunakan e-book. Tidak semua dokumen yang ada di komputer harus dicetak.


Nah, itu tadi sepuluh cara sederhana yang bisa Smart Ladies coba untuk mengurangi sampah. Mudah, bukan? Yuk, selamatkan lingkungan dari hal terkecil yang bisa kita lakukan!

Related posts

Leave a Comment