Selain Kopi, 10 Bahan Alami Ini Ampuh Mengusir Bau Tak Sedap pada Kulkas

Hai, Smart Ladies!

Kulkas atau lemari es lazim ditemui di setiap rumah. Peralatan elektronik ini berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan minuman agar tetap awet dan segar. Akan tetapi, bahan makanan yang disimpan terlalu lama dapat menimbulkan aroma tidak sedap pada kulkas. Bahan makanan seperti ikan, daging, dan bawang dapat menimbulkan bau yang menyengat. 

Selain kopi, ada beberapa bahan di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir bau tak sedap pada kulkas. Berikut ini sepuluh bahan alami yang ampuh untuk mengusir bau menyengat pada kulkas.

1. Garam Dapur

Garam dapur dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada kulkas. Caranya, buat larutan air garam lalu gosokkan dengan lap pada permukaan kulkas yang berbau. 

2. Perasan Lemon

Aroma segar lemon dapat menghilangkan bau pada kulkas. Caranya, letakkan air perasan lemon di dalam freezer. Bau tidak sedap pun akan hilang.

3. Baking Soda

Untuk menghilangkan bau amis pada kulkas, Ladies dapat menggunakan campuran air dan baking soda. Masukkan campuran air dan baking soda ke dalam kulkas dan tutup beberapa menit.

4. Kentang

Kentang dikenal sebagai bahan makanan yang dapat menyerap bau yang tidak sedap. Ambil satu buah kentang, kupas kulitnya, dan potong dadu, lalu letakkan di sumber bau pada kulkas. Ganti dengan kentang yang baru jika sudah kering.

5. Kantung Teh Bekas

Jangan buang kantung teh yang sudah digunakan. Ladies bisa menggunakannya untuk mengusir bau amis pada kulkas. Letakkan kantung teh bekas dalam piring atau mangkuk, lalu letakkan dalam kulkas. 


6. Cuka

Campurkan cuka dengan air hangat lalu gunakan untuk mengelap seluruh bagian kulkas. Selain menghilangkan bau, cuka juga dapat membantu menghilangkan noda membandel yang menempel pada dinding kulkas.


7. Arang

Letakkan arang di mangkuk dan masukkan dalam kulkas. Atur suhu kulkas ke suhu minimum lalu tutup rapat. Arang akan menyerap bau tak sedap pada kulkas.

8. Oatmeal

Siapkan semangkuk oatmeal kering tanpa rasa ke dalam kulkas. Diamkan beberapa saat sampai bau tak sedap terserap oatmeal.

9. Jus Tomat

Selain berfungsi sebagai minuman sehat, ternyata jus tomat juga bermanfaat sebagai pengusir bau tak sedap pada kulkas. Siapkan busa dan rendam dalam jus tomat tanpa gula. Lap bagian dalam kulkas, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan. Kulkas akan menjadi bersih dan baunya segar.

10. Tisu Gulung

Tisu gulung ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada kulkas. Caranya, letakkan tisu gulung di sudut kulkas dan ganti setiap bulan agar kulkas tidak bau.

Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Ada beberapa kiat untuk mencegah bau tak sedap pada kulkas.
• Simpan bahan makanan pada wadah yang tepat.
• Jangan terlalu lama menyimpan bahan makanan dalam kulkas.
• Jangan biarkan ada sisa bahan makanan dalam kulkas. 
• Atur suhu kulkas dengan bijak.

Nah, itulah berapa bahan alami yang dapat Ladies gunakan untuk mengusir bau tak sedap pada kulkas berserta kiat mencegah timbulnya bau. Selain murah, bahan-bahan tersebut mudah didapat karena ada di sekitar kita. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Comment