Kesalahan yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemula

Halo, Smart Ladies. 

Mendirikan bisnis dan menjadikannya sukses butuh proses panjang. Melakukan kesalahan bagi pebisnis pemula termasuk dalam bagian proses. Meski terkadang kesalahan akan berakibat fatal dan bisa menyebabkan kegagalan kegagalan, tetapi ada juga kesalahan pebisnis pemula yang bisa diatasi sehingga kembali produktif.

Dari pengamatan selama ini, banyak pengusaha yang mengulangi kesalahan dan membuatnya gagal dalam berbisnis. Berikut 5 kesalahan pebisnis pemula dan cara untuk mengatasinya. 

1. Langsung Berinvestasi tanpa Belajar

Foto: money smart


Mungkin ide bisnis kita terlihat menguntungkan, tetapi tanpa validasi, hal itu sama saja mengiring perusahaan ke dalam kebangkrutan. Ada baiknya kita memberi sedikit waktu untuk menguji gagasan bisnismu sebelum menginvestasikan waktu dan uang.

Jangan lupa berkonsultasi dengan para ahli dan beberapa komunitas pengusaha tentang ide bisnis. Di sini Ladies, bisa belajar banyak dan mengadaptasikan ide pada konsumen yang berpotesial. 

Kesalahan pebisnis pemula yang paling banyak dilakukan adalah berinvestasi tanpa pengalaman dan belajar. 

2. Terlambat Masuk Pasar 

Foto : uprint.id

Melakukan konsultasi memang penting, tetapi perlu Ladies digaris bawahi, banyak gagasan bisnis gagal karena terlalu lama menunggu untuk direalisasikan. Sebaiknya, gagasan bisnis harus dilakukan secara strategis. 

Jangan buang-buang waktu menunggu fitur bisnis. Fokus utama kita  adalah mengembangkan produk yang paling berharga, rilis, lalu amati respons konsumen. 

Sebaiknya, kita tidak usah berlebihan dalam membangun gagasan dalam satu waktu sehingga justru tidak tuntas. Hal ini akan membuat Ladies gagal tanpa mencapai sukses. 

3. Terlalu Banyak Menerima Masukan Bisnis 

Foto: glind.com

Mendapat masukan cerdas bisa membuat bisnis berhasil, tetapi juga gagal.  Mengabaikannya bisa membuat kita kehilangan peluang sukses. 

Ada baiknya jangan terlalu banyak menerima masukan karena bisa berbahaya.  Perbanyak hubungan dengan para entrepreneur berpengalaman yang pernah membangun dan menjual bisnisnya di industri yang tekuni saat ini. 

Solusinya, pilihlah penasihat bisnis yang khusus bergerak di bidang kita, bukan di semua bidang.

4. Tidak Ada Pemasaran Bukan Masalah

Foto: Dewa web

Banyak pengusaha berpikir bahwa gagasan bisnisnya akan berkembang dengan sendirinya. Pada kenyataannya, berusaha menguatkan pemasaran online adalah salah satu hal yang wajib dilakukan.

Mengoptimalkan mesin pencarian (search enginee) adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar produksi mudah ditemukan di internet.

5. Tidak Memprioritaskan Konsumen 

Foto: digital marketing

Konsep dan produk pemasaran yang luar biasa akan menjadi tidak berguna jika tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Mereka tidak akan tertarik membelinya dan tidak mendapatkan keuntungan. 

Ada baiknya Ladies mengenali dulu kebutuhan konsumen sebelum meluncurkan suatu produk. Kemudian, setelah meresmikan produk, komunikasi dengan konsumen harus tetap dijaga. 
Nah, itulah beberapa kesalahan pebisnis pemula yang harus dihindari. Hati-hati dalam berbisnis dan siapkan dirimu untuk menghadapi segala risiko yang mungkin akan terjadi. Selalu optimis dan terus berjuang untuk keberhasilan bisnis Ladies. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment