Indahnya Makan Bersama Keluarga

Halo, Smart Ladies!

Makan bersama anggota keluarga mungkin biasa bagi sebagian orang. Kegiatan tersebut dilakukan hampir setiap makan. Namun hal ini tidak berlaku bagi orang tua yang memiliki kesibukan ekstra. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah dibandingkan bersama anggota keluarga sehingga waktu makan bersama menjadi momen yang ditunggu.


Saat makan bersama, suasana hati jauh berbeda dengan makan sendiri. Suasana makan bersama bisa membangkitkan selera makan yang menurun. Selain itu, makan bersama dapat memupuk rasa kasih sayang antar anggota keluarga. Suasana inilah yang dirindukan keluarga yang tidak bisa makan bersama.


Ladies, ada kisah menarik tentang indahnya makan bersama keluarga. Saat ayah masih hidup, makan bersama selalu dilakoni, terutama makan malam. Semua itu dianggap biasa saja, tidak terlalu istimewa karena setiap orang melakukannya. Suatu hari seorang anak protes dengan masakan ibu yang terasa sangat asin. Namun sang ayah membela masakan ibu tersebut, “masakan ibumu mantap, masakan di rumah makan, tidak laku kalau tidak asin”. Semua anggota keluarga tertawa sambil melanjutkan makannya. Sang anak melihat semua orang makan sangat lahap sehingga membangkitkan nafsu makannya. Usai makan satu per satu anggota keluarga membereskan bekas makan tanpa harus diperintah.

Tahun 2011, sang ayah meninggal. Acara makan bersama keluarga mulai hilang. Meja makan selalu sepi, hanya ditemani lauk pauk yang tak kunjung habis. Tiada lagi canda tawa, percakapan antara anak dan orang tua. Anggota keluarga yang lain pun merantau dan kini tinggal ibu seorang diri di rumah. Sang anak pun merindukan suasana itu. Entah kapan bisa terulang kembali.


Ladies, selama keluarga masih utuh lakukan makan bersama mereka. Tiada artinya harta berlimpah, jika perhatian tidak didapatkan anggota keluarga. Hidup hanya sementara, perpisahan tak dapat dicegah.
Selagi bisa bersama, lakukanlah. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dalam makan bersama. Anak-anak menghargai masakan ibunya, tumbuhnya rasa kasih sayang anggota keluarga, canda dan tawa di atas meja makan akan menjadi kenangan terindah ketika semua sirna.

Semoga kisah makan bersama tadi bisa menginspirasi kita, untuk meluangkan waktu bersama keluarga.

Related posts

Leave a Comment