Stres dengan Tugas Kantor yang Menumpuk? Inilah 10 Cara Mengatasinya!

Bekerja di kantor dengan list pekerjaan yang tak habisnya, kerap menimbulkan stres. Tumpukan tugas yang sama setiap hari pun memicu rasa jenuh yang membuat kita malas dan menunda-nunda. Ujung-ujungnya tugas malah kian bertambah. Big no kalau sudah begini ya, Smart Ladies! Berikut sepuluh tips yang bisa Smart Ladies terapkan agar enjoy bekerja di kantor.


1. Awali Hari dengan Pikiran Positif

Suasana hati di pagi hari sangat besar pengaruhnya pada aktivitas kita pada hari itu. Jika diawali dengan mood yang baik, maka baiklah hari tersebut, begitu pun sebaliknya. 


2. Buatlah Daftar Pekerjaan 

Daftar pekerjaan  ini bisa dibuat  saat malam sebelumnya atau pada hari tersebut.  Fungsinya sebagai kontrol apa yang harus, sudah, dan belum dikerjakan. Ini memudahkan kita memilah mana yang harus dikerjakan di awal, sekaligus sebagai pengingat apa-apa yang belum dikerjakan.

 

3. Utamakan Prioritas 


Pada dasarnya semua pekerjaan yang menjadi tugas kita adalah penting. Dalam Prinsip Pareto 80/20 Joseph M. Juran, dikatakan bahwa untuk banyak kejadian, sekitar 80% daripada efeknya disebabkan oleh 20% dari penyebabnya. Sederhananya begini, Smart Ladies. Dari setiap kegiatan yang kita lakukan hanya  20% yang berdampak ke 80% hasilnya. Begitu pun sebaliknya. Dengan kata lain, fokuslah pada 20% tugas yang berdampak besar.

 

4. Delegasikan


Jika Smart Ladies memiliki tim dalam bekerja, delegasikanlah tugas-tugas yang tidak terlalu penting sehingga lebih cepat selesai. Hanya saja, penting untuk menentukan orang yang tepat supaya tidak “buang-buang waktu” untuk melakukan revisi yang berulang.


5. Kerapian Tempat 5

Kelihatannya sepele, Smart Ladies. Tapi meja kerja yang berantakan bisa mempengaruhi mood kita dalam bekerja, lho. 


6. Keep Balance

Fokus dalam bekerja itu bagus. Tapi keseimbangan juga penting. Jalinlah obrolan dengan teman seruangan. Nikmati jokes ringan untuk meredakan ketegangan. Tapi Ingat, Smart Ladies, jangan sampai kebablasan. Abaikan yang namanya gosip, ya.


7. Eratkan Hubungan 

Sebagus apapun pekerjaan  kalau tidak punya chemistry dengan rekan kerja tentunya akan hambar, utamanya yang sedivisi. Setuju tidak, Smart Ladies? Karena itu yang akan menguatkan kita dalam banyak hal. 


8.  Manfaatkan Waktu Istirahat 

Smart Ladies, sebanyak apapun pekerjaan, istirahatlah bila saatnya tiba. Pulanglah tepat waktu. Bagaimanapun kita butuh istirahat dan waktu bersama keluarga, bukan? Jangan sampai gara-gara pekerjaan, quality-time bersama keluarga hilang, imbasnya pasti kembali pada pekerjaan juga.


9. Konsultasikan Masalah

Terkadang tugas tak selesai karena kita enggan berbagi. Smart Ladies bisa mencoba bicarakan dengan atasan untuk menemukan solusi. 


10.  Kekuatan Imajinasi

Rasa jenuh karena pekerjaan yang menumpuk biasanya membutuhkan pelarian berjudul liburan. Teorinya, sih, begitu. Tapi seringkali kenyataan tak sesuai harapan. Betul tidak, Smart Ladies?

Kalau sudah begini, coba cara berikut. Sandarkan tubuh sejenak, pejamkan mata dan tarik napas pelan. Sediakan aroma terapi bila perlu. Bayangkan liburan indah yang Smart Ladies impikan. Bayangkan  itu benar terjadi, dan nikmati.

Nah, Smart Ladies, kunci dari semua tips di atas adalah mencintai apa yang kita kerjakan. Bekerja dengan cinta selalu ada cara dan jalan keluar. 

Lizanovia M. Hadi

Inspirasi bisa datang dari siapa saja, tapi sugesti hanya tumbuh dan berkembang dari dalam diri sendiri
Lizanovia M. Hadi

Latest posts by Lizanovia M. Hadi (see all)

Related posts

Leave a Comment