Jadikan Istigfar dan Tobat sebagai Penolong

Halo, Smart Ladies!

Adalah sebuah kekeliruan besar jika kita menganggap dengan istigfar sekadarnya, seketika bisa membuat lega dan dosa terhapus. Istigfar dan tobat yang benar adalah diniatkan sungguh-sungguh, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan lewat perbuatan.  Istigfar yang benar adalah kesesuaian nyata hati, lisan dan adanya efek yang terlihat pada seluruh anggota badan.


Seseorang yang beristigfar haruslah menjadi sosok hamba yang berusaha menyempurnakan amalnya. Meninggalkan perbuatan yang dibenci dan dilarang oleh Allah. Menjadi hamba yang selalu menjalankan  perbuatan yang dicintai-Nya. Dalam Alquran, Allah menjelaskan begitu istimewanya istigfar dan agung kedudukannya, antara lain:


1. Allah Memerintahkan Bertobat 

Dalam Alquran, Allah sudah menjelaskan keistimewaan serta keagungan istigfar dan tobat.  Dalam  Alquran  surah Al Baqarah ayat 199 dan Hud ayat 3, Allah meminta hamba-Nya untuk memohon ampun dan senantiasa bertaubat karena Allah lah yang Maha Pengampun lagi Penyayang terhadap umat.


2. Allah Memuji Hamba-Nya yang Beristigfar



Allah memuji hamba yang menghidupkan malam dengan tahajud apabila telah memasuki sepertiga malam terakhir.  Sebagaimana Allah sebutkan dalam  Alquran surah Al Imran ayat 17.


3. Sifat Orang Bertakwa


Setiap orang bertakwa menyadari betul bahwa diri ini penuh dosa sehingga dia senantiasa beristigfar untuk memohon ampunan dari Allah. Meminta Allah untuk memberikan surga yang luasnya seluas langit dan bumi.


4. Mendatangkan Rahmat Allah


Dalam Alquran surah An Naml ayat 46, Allah meminta hamba-Nya untuk memohon ampun dengan begitu rahmat Allah akan tercurah kepadanya. 


5. Allah Memberi Ampunan

 
Betapa Allah mengerti akan keadaan hamba-Nya hingga Dia mengijinkan orang yang berbuat dosa dan kejahatan untuk meminta ampunan. Allah sungguh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang untuk umat-Nya.


6. Menjauhkan dari Azab


Dalam surah Al Anfal ayat 33, Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka manakala sedang meminta ampun. Betapa Allah mencintai hamba-Nya hingga tak diizinkan azab menimpa bagi orang yang meminta ampun.


7. Mendatangkan Kebaikan dan Kekuatan


Allah pasti akan mendatangkan kenikmatan yang baik serta keutamaannya untuk hamba yang meminta ampun dan bertaubat. Tak segan Dia berikan karena keagungan-Nya. Curahan kebaikan dan keutamaan akan diberikan Allah  tanpa perhitungan. Oleh karena itu, marilah beristigfar dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar rahmat-Nya tercurah kepada kita.

 

 

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Latest posts by Yutaka Latifah (see all)

Related posts

Leave a Comment