Tips Memilih Ikan Asin tanpa Formalin

Halo, Smart Ladies!

Bagi sebagian orang, ikan asin merupakan makanan penambah nafsu makan. Apalagi jika ikan asin dimakan bersama nasi hangat, sambal terasi dan sayur asem yang segar. Bisa membuat penikmatnya makan banyak. Akan tetapi, tahukah Ladies, ikan asin yang beredar di pasaran saat ini sangat membahayakan kesehatan? Hal ini dikarenakan untuk meraup keuntungan yang besar, pedagang tidak sungkan menambahkan formalin pada ikan asin tersebut.


Formalin merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan manusia yang telah meninggal. Jika formalin digunakan pada makanan, maka hal itu tentu sangat berbahaya. Ketika benda tersebut masuk ke dalam tubuh manusia, hal ini bisa memicu munculnya bermacam penyakit, mulai dari gangguan pencernaan hingga kanker. Agar tubuh tetap sehat saat mengonsumsi ikan asin, pastikan ikan asin yang dibeli aman dan tidak mengandung zat pengawet atau formalin. Berikut beberapa tips memilih ikan asin tanpa formalin:


1. Tekstur Daging Lunak

Perhatikan tekstur daging ikan asin. Ikan asin tanpa pangawet bertekstur lunak dan mudah rapuh, jika dipegang daging terasa lembap. Hindari memilih ikan asin yang keras atau alot karena ikan asin yang bertekstur demikian kemungkinan mengandung formalin dan zat kimia yang berbahaya.


2. Aroma Ikan Asin

Saat membeli ikan asin, ciumlah terlebih dahulu ikan tersebut. Jika aromanya menyengat atau busuk, maka ikan tersebut tidak mengandung pengawet dan aman untuk dikonsumsi. Tetapi jika telah diberi pengawet, maka pengawet tersebut akan menghilangkan aroma busuk, bahkan tanpa bau sedikit pun.


3. Warnanya Kusam

Pilihlah ikan asin yang berwarna asli yaitu tampak gelap atau kecoklatan. Jika ikan asin memiliki warna sangat putih, itu pertanda ikan asin diberi zat pemutih.


4. Masa Kedaluwarsanya

Hitunglah lama masa penyimpanan ikan asin. Jika dalam satu bulan ikan tersebut masih bagus dan tidak berubah, itu menandakan bahwa ikan asin mengandung formalin.


5. Dihinggapi Lalat

Perhatikan apakah lalat menghinggapi ikan asin atau tidak. Jika banyak lalat yang hinggap pada ikan asin maka itu pertanda bahwa ikan asin tidak mengandung formalin sehingga aman untuk dikonsumsi. Lalat biasanya tidak mau hinggap pada ikan asin yang mengandung formalin.

Itulah tadi beberapa tips memilih ikan asin tanpa formalin, semoga bermanfaat, ya, Ladies.

 

Sumber gambar utama : Thinkstockphotos.com

Related posts

Leave a Comment