Perabot Dapur Berbahan Stainless Steel Berkarat? Kembalikan Kinclongnya dengan 3 Cara Ini

Apa kabar, Smart Ladies?

Melihat perabotan rumah tangga bersih, mengilap, dan tertata rapi tentu menyenangkan. Memasak akan lebih mudah dikerjakan jika peralatan yang dibutuhkan tersedia di dapur, terlebih jika peralatan tersebut berbahan stainless steel.

Apabila tidak dirawat, panci, penggorengan, hingga alat makan, seperti sendok dan garpu yang terbuat dari stainless steel akan mudah berkarat.

Saat ini sebagian ibu rumah tangga lebih memilih peralatan stainless steel, lebih berkualitas, aman serta mudah dibersihkan.  

Namun, kesibukan di dapur sering kali menyita waktu sehingga perabotan mudah berkarat, rusak, dan tidak awet lantaran tidak dirawat dengan baik.

Selain itu, rasa khawatir jika perabotan tersebut tidak steril atau tidak aman digunakan menyebabkan aktivitas memasak di dapur terkendala.

Oleh karena itu, agar perabotan stainless steel awet, tidak berkarat dan rusak, Ladies dapat mengikuti tiga perawatan yang bisa dikerjakan dalam waktu singkat berikut ini.

1. Gunakan Spons atau Sikat Lembut

Saat membersihkan perabotan dapur berbahan stainless steel, sebaiknya Ladies menggunakan spons atau sikat yang lembut. Hal ini dilakukan untuk menghindari goresan sehingga perabotan dapur tetap licin dan mengilap.

2. Cairan Cuka

Merawat perabotan dapur berbahan stainless steel bisa menggunakan cairan cuka. Caranya adalah dengan mencelupkan peralatan tersebut ke dalam cairan cuka, lalu keringkan atau cukup oleskan cairan cuka dan lap hingga kering.

3. Larutan Soda

Larutkan soda kue dan air secukupnya hingga membentuk pasta, lalu oles dan gosokkan pada peralatan memasak dari stainless steel. Cara ini dipercaya dapat merawat perabotan dapur berbahan stainless steel. Hasilnya, dalam beberapa menit, perabotan menjadi mengilap dan tidak berkarat serta tidak mudah rusak.

4. Air Lemon

Untuk menghilangkan noda bandel yang menempel pada permukaan perabotan dapur yang terbuat dari stainless steel, gunakan perasan air lemon. Setelah itu, keringkan perabotan tersebut dengan lap bersih. Hal ini dapat dilakukan pada bagian bawah panci atau wajan yang terkena api saat digunakan untuk memasak. 

Membersihkan perabotan dapur yang terbuat dari stainless steel memang sulit dan memakan waktu. Namun, cara ini akan menjadikan aktivitas memasak menjadi lancar dan makanan yang disajikan senantiasa sehat serta terhindar dari penyakit.

 

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment