10 Kiat Mengatur Waktu untuk Hidup Lebih Bermakna (Bagian Kedua)

Halo, Smart Ladies!


Setelah membaca artikel bagian pertama, apakah Ladies kini sudah memiliki gambaran lebih jelas tentang bagaimana cara membagi waktu?
Bila belum, mari simak 5 Kiat berikut ini.


1. Membiarkan Orang Lain Menggantikanmu

Tidak jarang, kegiatan kita tidak berjalan sesuai rencana awal, sehingga Ladies merasa semua kegiatan seperti mencekik. Bila hal ini terjadi, berarti Ladies memerlukan orang lain untuk menggantikan. Dengan bantuan orang lain, Ladies dapat memiliki waktu yang lebih longgar dan memiliki waktu tambahan untuk mengerjakan hal yang lain.


2. Tidak Menunda Pekerjaan

Kebiasaan untuk menunda pekerjaan adalah kebiasaan yang buruk. Selain tidak produktif, kebiasaan ini juga akan menyebabkan seluruh kegiatan berantakan dan tidak selesai dengan sempurna.


3. Jauhkan Semua Pengganggu

Jauhkan telepon pintar dan aktivitas di media sosial saat Ladies sedang melakukan kegiatan penting. Aktivitas dengan instagram, e-mail, twitter dan facebook sering kali menyita banyak waktu. Disamping itu, Ladies menjadi tidak fokus dalam menjalankan pekerjaan lain yang lebih penting.


4. Menyelesaikan Tugas Satu Persatu

Sebagian orang mengira multitasking itu menghemat waktu. Ternyata tidak seperti itu faktanya. Menurut penelitian terbaru, multitasking justru tidak efisien dan membuat seseorang kehilangan waktu untuk mengembalikan fokus saat harus beralih dari satu tugas ke tugas lain. Jadi, fokuslah untuk menyelesaikan satu tugas lebih dulu. Lalu pindah ke tugas yang lain.


5. Belajar Berkata “Tidak”

Terkadang Ladies segan menolak permintaan orang lain, apalagi orang terdekat, karena takut menyakiti hati mereka. Akibatnya, Ladies sendiri yang akan bingung membagi waktu karena terlalu banyak kegiatan, sehingga ada kegiatan yang tidak bisa dikerjakan. Menjaga perasaan orang lain adalah perbuatan baik, tetapi kita harus bisa menolak permintaan orang lain jika kita tidak mampu melakukannya.

Lakukanlah kiat di atas secara berulang-ulang sampai Ladies terbiasa. Mungkin akan sulit pada awalnya. Namun, akan lebih mudah jika Ladies sudah terbiasa. Dengan pandai mengatur waktu, kita akan memperoleh banyak manfaaat. Selamat mencoba, Ladies!

Related posts

Leave a Comment