Masjid di Indonesia Berarsitektur Khas Timur Tengah dengan Gaya Modern

Halo, Smart Ladies.

Kini masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah dan pendidikan agama Islam saja, terkadang juga menjadi tempat melaksanakan akad nikah. Untuk itu  banyak masjid di Indonesia yang dibuat semenarik mungkin dan menakjubkan. Namun, tujuan utamanya agar umat Islam lebih bersemangat dan nyaman dalam melakukan ibadah salat berjemaah serta menyiarkan syiar Islam. Ada beberapa masjid yang dibangun sangat unik. Nah, yuk, kita bahas.

1. Depok: Masjid Kubah Emas (Dian Al Mahri)

Pasti Ladies tidak asing lagi dengan masjid yang satu ini. Mesjid ini adalah mesjid termewah di Indonesia dengan kubahnya yang terbuat dari emas. Masjid yang berdiri sejak tahun 2006 ini memiliki halaman yang cukup luas. 

Awalnya dibuat sebagai simbol keagungan Islam dan menjadi lokasi pengembangan budaya Islam di Indonesia. Namun, saat ini masjid kubah emas ini menjadi lokasi wisata religi bagi umat muslim di seluruh Indonesia.

Faktanya, bahan emas tidak hanya melapisi kubahnya saja, tetapi bagian dalam masjid kita akan menemukan berbagai hiasan kaligrafi di langit-langit terbuat dari emas.

2. Surabaya: Masjid Al Akbar

Masjid ini menjadi landmark Surabaya dan dianggap sebagai masjid termegah serta modern kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal, Jakarta. Mesjid Al Akbar dibangun di atas lahan dengan luas 11,2 hektare.
Masjid ini dibangun sebagai pusat Islam dengan misi multidimensi: religius, edukatif, dan budaya. Selain itu, juga sebagai tempat wisata religi di Jawa Timur.

Uniknya dari masjid Al Akbar ini adalah bentuk kubah yang diadopsi dari daun. Warna hijau dan biru mendominasi sehingga memberikan kesan sejuk dan damai alami. Masjid dipenuhi ukiran-ukiran kaligrafi yang berkesan cantik, selain itu dekorasi interiornya dari seni ukir kaca yang membuat masjid terlihat megah.

3. Tuban: Masjid Agung

Masjid yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak abad ke-15. Masjid ini dibangun oleh bupati pertama yang beragama Islam di Tuban, Adipati Raden Ario Tedjo. Dahulu, saat pembangunan berlangsung masih menjadi daerah kekuasaan kerajaan Majapahit. Kini, masjid ini menjadi masjid yang berarsitektur Timur Tengah, Eropa, dan India.

Meski awalnya terlihat seperti masjid biasa peninggalan masa lalu, Masjid Agung Tuban kini tampak seperti istana di negeri dongeng. Ada ornamen-ornamen cantik di setiap sudut tembok dengan ukiran dan lantai keramik yang indah. Bagian kubah memiliki warna-warni menjadikan masjid terlihat sangat mewah. 

4. Pekanbaru: Masjid Agung An-Nur

Masjid ini terletak di Kota Pekanbaru, memiliki bangunan yang indah seperti Taj Mahal di India. Ketika malam, keindahan masjid ini akan lebih terlihat dengan diterangi berbagai warna cahaya lampu yang dipasang di sudut-sudut masjid, memanjakan mata dan membuat takjub semua orang. Masjid ini cukup luas dengan halaman yang disertai taman-taman cantik membuat masjid terlihat semakin sejuk.

Masjid Agung An-Nur memiliki tiga lantai yang tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai kantor dan aula. Tidak hanya itu, masjid ini juga memiliki sarana pendidikan, mulai kelompok bermain sampai SMA.

Nah, Ladies, itulah masjid berarsitektur khas Timur Tengah dengan gaya modern yang ada di Indonesia.

 

Sumber gambar utama : surabaya.tribunnews.com

Related posts

Leave a Comment