Bukan Jahe Biasa, Ini 7 Khasiat Jahe Merah yang Ladies Harus Tahu

Hai, Ladies!

Jahe dikenal sebagai tanaman rimpang yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, ternyata jahe memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah jahe merah.

Berbeda dengan jahe biasa, jahe merah mempunyai kulit berwarna kemerahan, bagian dalamnya berwarna merah muda sampai kuning. Selain itu, jahe merah memiliki rasa yang lebih pedas serta ukuran yang lebih kecil dari jahe biasa.

Jahe merah mengandung cadangan minyak atsiri berupa lemonin, kamfena, zingeberin, gingerol, shogool, dan gingeral. Karena kandungan zatnya yang banyak, jahe merah mempunyai khasiat lebih banyak daripada jenis jahe lainnya. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

1. Meredakan Sakit Kepala

Kombinasi antara kamfena, rasa pedas, dan efek hawa panas dari jahe merah sangat efektif untuk meredakan sakit kepala. Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan jahe merah dan dikonsumsi dalam keadaan hangat.

2. Mengatasi Reumatik

Zat flavonoid yang terkandung dalam jahe merah mampu meredakan peradangan yang terjadi pada bagian tubuh yang mengalami reumatik.

3. Menurunkan Berat Badan

Ekstrak jahe merah dapat membantu mengontrol nafsu makan. Dengan mengonsumsinya, kita akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jahe merah juga efektif membakar kalori dan lemak dalam tubuh.

4. Mengobati Asma dan Gangguan Pernapasan

Jahe merah mengandung minyak atsiri yang sangat bermanfaat untuk melegakan pernapasan sehingga baik untuk penderita asma. Caranya adalah dengan meminum air jahe yang masih segar dan hangat.

5. Mengobati Batuk

Kandungan minyak atsiri pada jahe merah, mampu mengatasi sakit batuk baik dewasa maupun anak-anak. Ambil 3 cm jahe merah, cuci bersih lalu rebus dengan dua gelas air putih hingga tersisa setengah gelas, kemudian minum pagi dan sore.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar trigliserida dan kolesterol. Rutin mengonsumsi jahe merah terbukti menjaga kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar trigliserida dan koresterol dalam tubuh.

7. Mengatasi Sakit Sendi

Sakit sendi biasanya ditemukan pada orang tua atau perempuan menopause. Untuk mengatasi masalah ini, ambil beberapa ruas jahe merah lalu hancurkan, kemudian tempelkan pada bagian sendi yang sakit. 

Selain untuk ramuan herbal, jahe merah juga dapat membuat penampilan Ladies lebih cantik. Jahe merah mampu menghaluskan kulit, mengurangi jerawat, dan merawat kulit berminyak. Jadi mulai sekarang, mari manfaatkan jahe merah untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kita.

Related posts

Leave a Comment