Tips Langsing dengan Bersepeda. Ladies, Wajib Coba


Halo, Smart Ladies. 

Kebanyakan orang beranggapan bahwa bersepeda sangat melelahkan. Bayangkan saja, kita harus mengayuh untuk menempuh lokasi yang dituju. Jika jalan yang kita lalui lurus dan mulus akan sangat mudah untuk menempuhnya. Namun, berbeda jika jalanan yang ditempuh penuh tanjakan dan bebatuan, perjalanan akan sedikit memakan waktu lebih lama. 

Faktanya, banyak manfaat yang akan kita peroleh dari bersepeda terutama untuk kesehatan tubuh meskipun, banyak menguras tenaga. British Medical Association menyatakan, bersepeda sejauh 20 mil per minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung sampai 50 persen.

Dalam penelitian lain juga mengatakan, bersepeda dapat meningkatkan kreativitas, hidup akan terasa lebih bahagia karena suasana hati yang stabil, mengurangi risiko penyakit lainnya seperti kanker payudara, menambah relasi, lebih praktis, dan ekonomis. Bersepeda juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Namun, untuk mendapatkan tujuan tersebut ada hal-hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah:

1. Periksa Kelengkapan Sepeda

Ladies, sebelum memutuskan bersepeda ria, periksa dahulu perlengkapannya. Pastikan jika sepeda yang kita pakai aman dan gunakan kelengkapan bersepeda seperti sepatu, helm, pelindung lutut, keamanan sadel, rantai, rem, dan handler sepeda.

2. Memilih Waktu yang Tepat

Jika ingin mendapatkan tubuh langsung, dibutuhkan bersepeda secara rutin. Mulailah membuat jadwal latihan tanpa mengganggu rutinitas kita. Ada baiknya, jika memilih waktu yang tepat seperti di pagi atau sore. 

3. Melakukan Latihan

Bersepeda bukanlah kegiatan yang monoton karena sebenarnya bentuk latihannya bervariasi. Caranya, bisa dengan menambahkan tanjakan atau kayuhan cepat (sprint). Namun, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan melakukan gerakan ringan yang berguna merelaksasikan tubuh.

4. Menaikkan Jarak Tempuh

Jika jarak yang ditempuh semakin jauh, maka semakin banyak kalori yang dibakar tubuh. Namun, ada baiknya meningkatkan jarak tempuh bersepeda dilakukan berkala dan bertahap agar ketahanan tubuh stabil. Percayalah, sering bersepeda tidak akan membuat tubuh kesakitan dan betis besar. Bahkan jika rutin bersepeda dan mampu mengatur jadwal untuk latihan, tubuh akan semakin langsing dan sehat. Jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum bersepeda dan minum air putih yang cukup. 

5. Asupan Makanan

Ladies, jika tujuan utama bersepeda ingin mendapatkan tubuh langsing, maka jangan pernah mencoba untuk mengonsumsi obat diet. Hal ini akan mengakibatkan penurunan performa tubuh, bahkan bisa bekerja tanpa menyeleksi elemen makanan yang merupakan elemen penting untuk tubuh.

Namun, jangan khawatir hal ini bisa diimbangi dengan mengonsumsi makanan rendah kalori. Atur pola makan dengan melengkapi asupan sayuran, vitamin, dan mineral yang cukup serta hindari makanan yang mengandung gluten (bentuk tak beraturan dari campuran protein yang terkandung pada tepung).

6. Berpakaian

Hal ini terkesan sepele, tetapi sangat mempengaruhi kegiatan bersepeda. Jangan sampai melakukan kesalahan saat bersepeda. Pilih pakaian yang nyaman dipakai dan tentu yang bisa menyerap keringat. Usahakan  tidak memilih yang longgar karena mempengaruhi keseimbangan tubuh.

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, asal kita berusaha. Begitu juga ketika kita ingin langsing dengan bersepeda. Yang penting, perhatikan semua hal yang perlu dipersiapkan, menjaga performa tubuh dengan latihan, dan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi, tetapi rendah kalori.

Related posts

Leave a Comment