Tak Ingin Miskin di Hari Tua? Jauhi 5 Langkah Ini yang Bisa Membuatmu Melarat Kelak

Halo, Smart Ladies!
Setiap orang di bumi ini pasti menginginkan hidupnya dari lahir sampai tua sukses dunia dan akhirat. Istilah kerennya, “muda foya foya mati masuk surga.” Ah, betapa indahnya jika itu terjadi karena setiap orang pasti memimpikannya.

Sayangnya hal tersebut mustahil terjadi, bahkan bisa menyesatkan . Tanpa sadar kita melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri hingga melakukan sejumlah kebiasaan buruk hingga saat tua menyapa, Ladies dalam keadaan melarat atau miskin.

Tentu Ladies, tak ingin hal itu terjadi bukan? Nah, berikut 5 langkah yang bisa membuatmu miskin dan melarat di hari tua.


1. Perencanaan yang Gagal


Hampir 92% orang mengalami kegagalan hidup karena tidak merencanakan keuangan dengan baik dan benar. Impian hidup tak tercapai karena perencanaan finansial yang tak sesuai. Boros dan menghamburkan pendapatan tanpa memperhitungkan pengeluaran adalah kesalahan terbesar. “Besar pasak daripada tiang” demikian peribahasanya.


2. Mengatur Tujuan yang Tidak Realistis

Tujuan hidup terlalu luas, tidak jelas, dan tanpa perencanaan waktu bisa membuat Ladies gagal dalam perencanaan keuangan. Tujuan yang terlalu luas akhirnya hidup jadi kurang fokus dan tak terarah. Apalagi jika hal ini diperparah dengan tidak adanya perencanaan waktu semakin membuat keuangan kita terkuras tak jelas.


3. Sering Mengambil Keputusan Buruk

Keputusan yang diambil menyangkut masalah keuangan haruslah dipikir masak-masak baik buruknya, serta sebab akibatnya. Keputusan yang diambil jangan sampai membuat kondisi semakin parah, bahkan semakin terpuruk. Keputusan buruk yang diambil akan memperparah kondisi keuangan.


4. Gegabah


Setiap melakukan sesuatu tanpa dipikirkan alias gegabah akan memengaruhi kondisi keuangan dan tujuan hidup . Tindakan gegabah bisa berakibat fatal dan semakin memperparah keadaan.


5. Menunda Pekerjaan


Memikirkan keputusan yang diambil memang harus baik dan benar. Namun, jika terus menunda karena terlalu dipikirkan juga akan semakin memperlambat kesuksesan yang akan diraih. Penyebab lainnya adalah berlama-lama dengan media sosial dan sibuk dengan hal mubah lainnya.

Setelah tahu 5 hal yang menyebabkan melarat di hari tua, Ladies jangan sampai lakukan, ya. Semoga bermanfaat.

 

 

Yutaka Latifah

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment