Tips Mengajak Anak Hiperaktif Belajar Tanpa Disadari

Halo, Smart Ladies!

Anak adalah aset berharga orang tua. Sebagi aset, orang tua harus menjaga serta mendidik anak-anaknya dengan cara memberikan pengajaran dan pembelajaran. Realitanya, mengajar anak tidaklah mudah. Orang tua harus berjuang keras supaya pengetahuan tersebut sampai kepada anak. Tidak sedikit orang tua yang mengeluhkan hal ini sehingga rela membayar mahal agar anaknya pandai.

Hal serupa terjadi pada kasus lain, yakni anak hiperaktif. Anak hiperaktif cenderung banyak gerak (tidak bisa diam), berlari-lari, loncat, dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat anak susah fokus dan orang tua pun kesulitan menyampaikan pelajaran. Padahal, dalam pembelajaran, dibutuhkan fokus supaya materi yang disampaikan bisa diterima dengan baik. Hal ini menjadi tantangan bagi orang tua supaya anak dalam kondisi tersebut tetap bisa menerima pengetahuan yang disampaikan.


Bagi Ladies yang masih bingung cara mengajak anak hiperaktif belajar, yuk, simak beberapa tips mengajak anak belajar tanpa merasa belajar:

1. Memanfaatkan Waktu Mandi Anak


Ketika mandi, biasanya anak akan memperhatikan, di sekelilingnya. baik berupa benda maupun kegiatan mandi. Saat inilah, sambil membantu anak membersihkan badan, Ladies bisa mengajaknya bernyanyi bersama. Seperti lagu alfabet, lagu berhitung dan lain sebagainya. Dengan senang hati, anak akan mengikuti dan tak terasa, ia telah mendapatkan pengetahuan telah didapatnya.

2. Memanfaakan Waktu Memakai Pakaian.


Saat memakai pakaian, Ladies bisa mambantu anak sambil menyampaikan pengetahuan baru. Seperti mengenalkan anggota tubuh, cara berpakaian, menghitung jumlah kancing, dan lain sebaginya. Tanpa anak sadari, dia telah menerima pengetahuan baru.

3. Sebelum tidur


Sebelum tidur, Ladies bisa mengajak anak belajar dengan cara membacakan cerita. Di saat seperti ini anak dalam kondisi lelah sehingga akan banyak diam. Ladies bisa membacakan dongeng, kisah para nabi atau cerita lainnya yang bisa membangkitkan imajinasi anak. Anak yang memilliki imajinasi tinggi akan lebih mudah memecahkan masalah yang dihadapinya.

4. Saat Bermain


Saat bermain, Ladies bisa memanfaatkan pendengaran anak untuk belajar, seperti memutarkan lagu anak-anak atau surah-surah pendek (bagi umat muslim) di tempat anak bermain. Di bawah alam tidak sadar, otak anak akan merekam apa yang didengarnya beberapa kali didengarkan anak mampu mengulanginya kembali.


Oke, Smart Ladies, semoga beberapa tips tadi bermafaat dan bisa membantu dalam proses belajar anak, terutama bagi anak hiperaktif.

Related posts

Leave a Comment