5 Tips Mengatasi Perundungan di Sekolah

Halo, Smart Ladies!


Ladies pasti mengetahui yang dimaksud dengan perundungan. Perundungan adalah perbuatan yang dilakukan untuk merendahkan martabat seseorang. Perundungan itu dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan cara fisik, verbal, dan perbuatan tak layak.


Bersabar adalah salah satu cara yang dapat dilakukan korban perundungan untuk bangkit dari keterpurukan. Hampir semua anak pernah mengalami perundungan. Tidak hanya di sekolah, perundungan juga bisa terjadi di tempat les dan klub olahraga.

Nah, di bawah ini beberapa tips mengatasi perundungan di sekolah.


1. Membuktikan Diri Kita Lebih Hebat dari Si Perundung


Cara membuktikan kalau kita lebih hebat adalah dengan berprestasi di berbagai bidang, misalnya juara matematika, bermain musik, jago ilmu bela diri, dan lain-lain. Dengan prestasi, membuat perundung akan sungkan untuk mengganggu kita.


2. Usaha untuk Bangkit dari Diri Sendiri


Setiap korban perundungan sebaiknya memiliki motivasi diri yang kuat untuk bangkit sebab tidak ada yang bisa menolong kecuali dirinya sendiri. Namun, jika tidak mampu untuk bangkit sendiri, lebih baik segera berkonsultasi kepada ahlinya.


3. Berani Melaporkan ke Orang tua dan Guru


Sebaiknya korban perundungan berani melaporkan kejadian perundungan ke orang tua dan guru karena jika menutup diri akan memperburuk masalah, di antaranya semakin takut bergaul. Jika korban menutup diri, masalah tidak akan selesai dan menyebabkan pelaku semakin merasa berani untuk melakukan aksi perundungan secara terbuka.


4. Jangan Mencoba Mengakhiri Hidup


Hanya seorang pengecut yang mau melakukan hal paling buruk ini. Jika korban melakukan bunuh diri, pelaku akan merasa lebih kuat dan berani dalam melakukan aksinya. Korban sebaiknya mencoba berkonsultasi dengan orang yang dipercaya untuk menyelesaikan masalah.


5. Berdoa kepada Allah


Korban perundungan selayaknya memperbanyak doa agar dapat menghadapi masalah dengan senyuman.


Meskipun kita banyak kekurangan, tetapi harus dapat bangkit dari masalah. Nah, tentu Ladies tidak ingin kan, menjadi korban perundungan? Oleh karena itu, stop melakukan perundungan, ya.

Related posts

Leave a Comment