Jaga Sistem Imunitas Tubuh agar Puasa Lancar dengan 4 Cara Ini

Halo, Smart Ladies.

Menjelang bulan puasa, kita wajib menjaga kesehatan karena untuk berpuasa, dibutuhkan kondisi tubuh yang prima. Sebaliknya saat kondisi tubuh kurang sehat dan terserang penyakit, semua ibadah yang kita rencanakan akan gagal.

Nah, untuk itu, kita membutuhkan daya tahan tubuh yang baik. Ada beberapa cara yang bisa kita terapkan agar kekebalan tubuh terjaga, salah satunya adalah menjaga gaya hidup agar tetap sehat. Yuk, kita kupas apa saja yang harus dilakukan agar sistem imunitas tubuh terjaga.

1. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Kita sudah mengetahui bahwa vitamin D bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Padahal, vitamin D juga memiliki kandungan lain yang bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit, mulai dari yang ringan, contohnya, dari flu hingga kanker.

Vitamin D bisa kita dapatkan dengan cara alami dari sinar matahari. Makanan yang mengandung vitamin D di antaranya telur, ikan, susu, dan magarin. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang diberi suplemen vitamin D menunjukkan 40% tingkat kemungkinan terserang flu lebih kecil ini terjadi karena vitamin D merangsang sistem kekebalan tubuh agar melawan bakteri dan virus.

2. Memperhatikan Kebutuhan Serat Harian

Salah satu kunci menjaga imunitas atau kondisi tubuh tetap prima adalah mengonsumsi serat. Sayangnya, hal ini jarang diperhatikan sehingga kita cenderung mengonsumsi makanan seadanya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi serat yang larut dalam air selama enam minggu, bisa menjaga tubuh dari serangan bakteri dibandingkan serat kombinasi.

Makanan yang mengandung serat larut di antaranya buah-buahan yang rasanya asam, kacang-kacangan, wortel, apel, dan oatmeal. Makanan ini bisa mencegah terjadinya peradangan. Jadi, pastikan tubuh kita mendapatkan serat sekitar 25-38 gram per hari guna menjaga daya tahan tubuh.

3. Menjaga Berat agar Tetap Stabil

Berat badan ternyata memengaruhi daya tahan tubuh. Orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih, dianjurkan melakukan diet untuk mengurangi kalori hingga 50 persen. Ternyata, berat badan ideal membuat daya tahan tubuh bekerja sangat baik.

Jadi, sebaiknya kita membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi agar berat badan tak berlebihan.

4. Menghindari Stres

Semua orang pasti pernah mengalami stres yang dapat disebabkan oleh rutinitas pekerjaan atau bermasalah dengan teman, keluarga, dan pasangan. Namun, kita harus bisa mengatasi stres karena bisa berpengaruh buruk terhadap sistem imunitas tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika stres berlebih tidak segera ditangani dengan benar, kekebalan tubuh akan menurun. Hal ini bisa membuat Ladies terkena berbagai serangan penyakit, di antaranya sakit kepala, darah tinggi, sariawan, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Ladies lakukan untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Jika badan sehat, ibadah puasa pun lancar. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment