Tips Menjaga Kesehatan saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Halo, Smart Ladies!

Ramadan adalah bulan yang penuh rahmat dan keberkahan. Semua pahala dan berkah dilipatgandakan Allah, tidak mengherankan jika umat Islam berlomba-lomba melakukan kebaikan.

Saat bulan Ramadan, para Ladies umumnya menyiapkan berbagai keperluan, seperti mukena, hijab, pakaian muslim, dan lain lain. Namun, sebenarnya ada hal yang lebih penting untuk diperhatikan yaitu kondisi kesehatan. Kesehatan adalah modal utama dalam menunaikan ibadah puasa. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan saat puasa di bulan Ramadan.


1. Pemilihan Menu Sahur

Saat makan sahur, pilihlah menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein tinggi, dan bergizi karena ketiga kandungan tersebut dapat memberikan tenaga lebih lama saat berpuasa. Adapun makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, yaitu beras merah, gandum, jagung dan kurma. Makanan yang mengandung protein, yaitu telur, tahu, tempe, ikan dan ayam. Juga makanan yang berserat, contohnya sayur-mayur dan buah-buahan. Makanan yang mengandung serat lebih mudah dicerna dan memberikan efek kenyang lebih lama. Kemudian, hindarilah mengonsumsi makanan atau minuman manis berlebihan karena dapat menimbulkan efek cepat kenyang, lalu muncul rasa lapar.

2. Tetap Berolah Raga

Menjaga kebugaran tubuh di saat berpuasa sangat dianjurkan karena dapat melancarkan peredaran darah. Saat berpuasa, Ladies dapat berolah raga dengan gerakan ringan, seperti berjalan kaki atau lari santai. Hindarilah gerakan yang memforsir tenaga karena hal ini bisa menyebabkan cairan terkuras.

3. Tidur yang Cukup

Selain memperhatikan asupan makanan serta menjaga kebugaran tubuh, pengaturan pola tidur juga harus diperhatikan. Tidur merupakan istirahat terbaik. Dengan waktu tidur yang cukup, tubuh terasa lebih segar dan tekanan darah pun normal. Bila seseorang kurang tidur maka tubuh akan terasa lemas sehingga puasa terasa sangat berat. Bagi Ladies yang terpaksa bangun sahur lebih awal, sebaiknya menghindari begadang atau melakukan aktifitas yang tidak penting.

4. Pilihan Menu Berbuka Puasa

Berbuka adalah momen yang paling di tunggu setelah berpuasa. Biasanya, Ladies menghidangkan sejumlah makanan sebagai menu berbuka. Saat berbuka, pilihlah makanan yang rasanya manis untuk mencukupi asupan kalori, seperti kurma karena di dalamnya terkandung bermacam vitamin, kalori dan zat besi sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

Oke, Ladies. Semoga beberapa tips di atas bermanfaat bermanfaat untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Related posts

Leave a Comment