Terpaksa Berutang? Perhatikan 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Pengajuan Kredit Bank

Halo, Smart Ladies!

Hidup memang penuh romantika. Adakalanya di atas, adakalanya di bawah, seperti halnya roda berputar mengikuti lajunya kendaraan. Mengikuti arus kehidupan yang penuh ujian dan masalah.

Saat di bawah kadang terpaksa meminjam uang untuk menutupi kebutuhan. Ada juga yang terpaksa meminjam untuk menambah modal. Cara paling mudah dan tak ribet,  biasanya menggadaikan surat berharga di bank atau lembaga keuangan lainnya.

Nah, Ladies, jika memang terpaksa mengajukan kredit di bank , lima hal berikut harus diperhatikan agar tak menjadi masalah di kemudian hari.


1. Bunga Menurun

Contoh bunga menurun dapat dilihat pada saat pengajuan kredit  pemilikan rumah (KPR). Di tahun-tahun pertama, bunga yang dibayar lebih besar daripada pokok utang sehingga ketika akan dilunasi, sisa utang masih banyak atau hanya berkurang sedikit.

 

2.  Prosedur Lelang

Pada saat kredit mulai bermasalah, biasanya bank mengancam untuk melelang atau mengosongkan aset jaminan. Padahal, prosedur lelang merupakan proses panjang yang dimulai dari diterbitkan/dikeluarkannya Surat Peringatan (SP) 1,2, hingga 3. Setelah itu somasi lelang, mediasi dan, lelang. Semua prosedur ini bisa memakan waktu delapan bulan hingga satu tahun atau lebih.

 

3. Penalti Pelunasan

Pasal penalti pelunasan terdapat pada akad kredit, tetapi jarang sekali disebutkan pada saat akad kredit. Dan, biasanya nasabah jarang sekali membaca akad kredit tersebut. Nasabah biasanya langsung saja membubuhkan tanda tangan agar cepat disetujui dan menerima uangnya.

 

4. Prosedur Recovery

Pada saat kredit mulai macet atau bermasalah, Ladies bisa meminta bantuan bagian recovery untuk membahas permasalahan kredit, baik masalah angsuran, bunga, atau lainnya.

 

5. Hak Nasabah Menempati Rumah pada Saat Lelang

Jangan panik ketika menghadapi lelang, jangan sampai mengosongkan aset jaminan karena memang masih hak Ladies. Ladies harus tahu, masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan, baik permohonan pembatalan lelang, gugatan, atau lainnya.

Pengosongan aset dilakukan setelah ada pemenang lelang (jika tanpa gugatan). Atau setelah putusan pengadilan sebuah proses yang panjang

Demikianlah lima hal yang perlu Ladies perhatikan saat pengajuan kredit bank. Hal ini jangan sampai dilewatkan dan tidak diperhatikan karena bisa saja menimpa Ladies. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment