Gangguan Perut? 5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Halo, Smart Ladies!


Era milenial seperti sekarang ini membuat orang seperti dikejar oleh waktu. Semua yang dilakukan ingin yang serba cepat dan praktis sehingga mengabaikan dengan masalah kesehatan terutama kesehatan pencernaan.

Gaya hidup yang serba instan memang menyenangkan dan melenakan. Padahal, menjaga kesehatan sistem pencernaan sangatlah penting. Ada beberapa hal yang bisa Ladies lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan pencernaan.

 

1. Mencuci Tangan dengan Sabun atau Cairan Antiseptik

Tangan yang memegang makanan adalah muara makanan memasuki mulut kita. Kebersihannya haruslah kita jaga agar saat menyentuh makanan tak ada bakteri yang menempel pada tangan kita. Mencuci dengan sabun atau cairan antiseptik harus dilakukan apalagi jika tangan kita sebelumnya menyentuh benda yg banyak bakteri seperti ponsel, tanah, dan uang.


2. Mencuci Makanan yang Akan Dimakan

Buah dan sayuran yang akan dimakan sebaiknya dicuci di kran air yang mengalir. Air yang mengalir akan menghilangkan bakteri dan kotoran yang menempel pada buah dan sayuran. Jika buah dan sayuran telah higienis, tentu organ pencernaan akan lebih terjaga.


3. Minum Cukup Air 

Disarankan dalam sehari Ladies meminum 8 gelas sehari. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan dalam tubuh maka tubuh tidak mudah mengalami kelelahan, juga membantu pergerakan makanan dan melarutkan makanan yang dicerna tubuh.


4. Makan Secara Teratur dan Sehat

Makan secara teratur akan mengurangi resiko terkena gangguan pencernaan atau maag. Usahakan sehari tiga kali ada asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Selain itu, usahakan makanan yang masuk adalah makanan yang bergizi seimbang dan menyehatkan.


5. Olahraga Teratur dan Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Olahraga membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga keseimbangan berat badan. Jangan terlalu gemuk atau kurus. Kegemukan akan menyebabkan tubuh sulit bergerak dan memicu hormon pengrusak pencernaan tubuh. Terlalu kurus juga menyebabkan gizi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

Nah, Ladies, mulai sekarang lakukan tips diatas, ya. Menjaga kesehatan pencernaan tentu akan membuat hidup lebih sehat dan sempurna, sehingga masa depan yang ingin diraih bisa tercapai.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment