Smart Ladies Hamil? Yuk, Perhatikan Cara Duduk yang Sehat

Halo, Smart Ladies!

Menjadi ibu hamil membuat badan kita tidak dapat bergerak bebas seperti biasanya. Rasa mual yang datang sering kali membuat aktivitas sedikit terganggu. Kondisi tubuh harus mendapatkan perhatian ekstra, mulai dari asupan makanan, waktu beristirahat, waktu bekerja, dan kondisi emosi.

Namun, tahukah Ladies, kondisi duduk juga penting diperhatikan. Cara duduk berhubungan langsung dengan kondisi perut dan kesehatan janin. Bagaimana cara duduk yang sehat bagi ibu hamil?

1. Duduklah di Kursi dengan Sandaran Punggung

Duduk di kursi yang memiliki sandaran bertujuan agar punggung dalam posisi tegak lurus. Kursi tanpa sandaran akan membuat tulang punggung menjadi tegang. Kehamilan secara alami membuat tulang punggung sering terasa nyeri. Oleh sebab itu, duduklah di kursi yang memiliki sandaran untuk menghindari sakit punggung yang semakin hebat.

2. Duduklah dengan Kaki Menyentuh Lantai

Jika duduk di kursi, usahakan agar kaki Smart Ladies menyentuh lantai. Hindari posisi duduk dengan menggantung kaki karena dapat meningkatkan aliran darah ke kaki. Akibatnya adalah terjadi pembengkakan kaki. Bagi ibu hamil, pembengkakan kaki adalah hal yang wajar. Namun, jika ditambah dengan pembengkakan karena meningkatknya aliran darah, dikhawatirkan terjadi pembengkakan yang bermasalah.

3. Hindari Duduk Membungkuk

Duduk membungkuk dapat memberikan beban tambahan pada sumsum tulang belakang. Kondisi hamil secara alami cukup membuat sumsum tulang belakang tersiksa, apalagi jika ditambah dengan efek duduk membungkuk. Dikhawatirkan, sumsum tulang belakang Smart Ladies akan semakin terbebani. Di samping itu, duduk membungkuk dapat menekan janin. Kondisi ini dapat menimbulkan masalah pada pertumbuhan dan kondisi fisik janin. 

4. Hindari Posisi Setengah Duduk

Posisi setengah duduk memang terasa nikmat, bukan? Namun, dalam kondisi hamil, posisi ini dapat berakibat buruk pada kondisi badan. Sumsum tulang belakang akan menahan beban berat tubuh lebih banyak. Akibatnya, punggung, dan tulang ekor akan lebih mudah sakit.

5. Ubahlah Posisi Duduk Setiap Tiga Puluh Menit

Posisi duduk yang sama dalam jangka waktu yang lama dapat membuat punggung Smart Ladies mudah kaku. Untuk itu, usahakan untuk sering mengubah posisi duduk. Dengan demikian, ketegangan pada area punggung dapat sedikit dihindari dan aliran darah ke kaki tetap lancar.

Smart Ladies tentu mengharapkan persalinan yang sehat dan lancar, bukan? Untuk itu, yuk, mulai perhatikan pola hidup yang sehat, termasuk cara duduk yang baik selama kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment