Jurus Menulis Teenlit yang Menarik

Halo, Smart Ladies!


Apakah teenlit itu? Ladies mungkin sering mendengar istilah teenlit ketika membaca buku novel atau cerpen. Teenlit adalah salah satu tema dari cerita bergenre fiksi yang berkaitan dengan hal-hal menarik di sekolah dan sekitar kehidupan remaja pada umumnya.


Mengenai ciri-ciri teenlit itu sendiri, pertama adalah temanya yang berkaitan dengan dunia remaja yang banyak dijumpai di sekitar kita. Cerita dalam sebuah teenlit seluruhnya dikemas seringan mungkin.

Karena menceritakan tentang remaja, tentunya tokoh yang dipakai dalam karya ini berusia antara 13-19 tahun dan setting banyak di lakukan di sekolah, taman, dan mall. Yang paling penting di sini, pastinya menggunakan bahasa gaul disertai jargon-jargon kekinian.


Nah, berikut ini tips agar tulisan teenlit Ladies menarik:


1. Tema

Untuk teenlit paling banyak ditulis yang bertema cinta, tapi tidak menutup kemungkinan kita mengolaborasikan dengan genre lain. Dengan tema teenlit komedi, pasti menggoda pembaca membawa buku kita ke kasir.


2. Bahasa dan Cara Penulisan

Pilihlah bahasa dan gaya penulisan sesuai dengan gaya Ladies. Apakah menggunakan narasi baku diselingi dengan dialog-dialog gaul, atau menggunakan bahasa gaul secara keseluruhan baik pada narasi maupun dialog.


3. Dialog

Dalam penulisan teenlit, Ladies harus menghindari dialog berbasa-basi yang tidak berbobot. Hal tersebut akan membuat plot yang kita susun terkesan cepat dan tidak membosankan.


4. Karakter

Mengenai karakter, dalam penulisan teenlit kita perlu membuat karakter yang kuat dan konsisten dari awal hingga akhir cerita.


5. Setting

Dalam penulisan setting, Ladies sebaiknya membuat setting yang dijabarkan dengan sangat jelas. Bukan setting tempelan. Setting yang tampak nyata akan membuat pembaca terbuai dan merasa seperti berada dalam tempat tersebut.


6. Pesan Moral

Walau yang ditulis oleh Ladies di sini adalah teenlit, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk memberikan pesan moral. Supaya ada sesuatu yang melekat di hati setelahnya, dan jangan lupa untuk tetap menghindari cara penyampaian yang terkesan menggurui.


7. Eksekusi

Setelah enam langkah di atas terpenuhi dengan baik, maka hal terakhir adalah eksekusi. Eksekusi teenlit sebaik mungkin Ladies.

Setelah membaca beberapa tips di atas mengenai penulisan teenlit, apakah Ladies sudah siap mengeksekusi? Segera eksekusi, ya agar ide tidak menghilang ditiup angin.

Related posts

Leave a Comment