Khasiat Blewah, Buah Khas di Bulan Ramadan

Halo, Smart Ladies.

Setiap Ramadan, Ladies bisa temukan ragam hidangan takjil atau makanan khas bulan puasa. Salah satu yang tidak pernah dilupa adalah olahan dari buah blewah.

Umumnya, buah blewah menjadi primadona bahan olahan saat bulan Ramadan di Indonesia. Buah yang penampakannya seperti labu ini terkenal dengan cita rasa khasnya yang segar dan memiliki segudang khasiat untuk tubuh.

1. Menyehatkan Mata

Cucumis melo yang biasa kita kenal sebagai blewah berkhasiat untuk menyehatkan mata. Buah blewah berwarna cerah karena mengandung antioksidan beta-karoten yang sangat berguna untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, blewah juga mengandung zeaxabthin yang bisa mencegah masalah mata akibat penuaan.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Buah blewah masih termasuk keluarga melon. Kandungan kolagen yang melimpah bisa menjaga kerapatan jaringan kulit sehingga kulit tidak cepat keriput dan tidak mudah kusam. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga membuat kulit terlihat lebih cerah.

3. Menambah Imunitas

Jika kita tidak menjaga pola makan dan kebiasaan selama bulan Ramadan dengan baik, bisa dipastikan ketahanan tubuh menurun dan akan jatuh sakit. Nah, salah satu manfaat blewah adalah meningkatkan imunitas tubuh.

Vitamin C dalam blewah berpengaruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan akan menstimulasi produksi sel darah putih. Fungsi sel darah putih adalah membasmi semua bakteri berbahaya, virus, dan zat beracun yang ada dalam tubuh.

4. Menghindarkan Tubuh dari Dehidrasi

Saat puasa, kadar cairan dalam tubuh akan berkurang dari biasanya. Untuk menambah asupan cairan dan terhindar dari dehidrasi, blewah adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan kandungan 90% buah blewah adalah air. Jadi, kita tidak perlu takut bibir akan pecah-pecah akibat kekurangan cairan.

5. Memperlancar Sistem Pencernaan

Blewah termasuk buah kaya serat yang dibutuhkan tubuh guna mencerna makanan dengan mudah. Kandungannya membuat blewah sangat cocok dikonsumsi saat mengalami masalah pencernaan yang tidak lancar. Selain itu, serat juga bisa mengenyangkan sehingga bisa menghilangkan rasa lapar.

6. Memperlancar Tekanan Darah

Blewah kaya akan zat potasium yang berfungsi memperlebar pembuluh darah. Dengan khasiat ini, darah dapat mengalir lancar sehingga blewah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.

Nah, itulah beberapa manfaat yang ditawarkan buah blewah. Buat Ladies yang berpuasa di bulan Ramadan nanti, jangan lupa memasukkan buah blewah untuk olahan buka puasa. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment