Cara Unik Mengajarkan Anak Cinta pada Ramadan

Hai, Smart Ladies!

Sebentar lagi bulan puasa datang di tengah-tengah  umat Islam. Tahukah Ladies, siapa yang paling bahagia mendengar datangnya bulan Ramadan? Ya, anak-anak. Mereka sangat senang jika Ramadan datang.

Bagi sebagian anak, bulan puasa adalah bulan yang ditunggu-tunggu. Anak-anak merasa bahagia  lantaran bulan suci ini diakhiri dengan lebaran  yang semarak  dan banyak makanan tersedia. 

Umumnya, jika berpuasa pada bulan Ramadan, anak  akan   menerima banyak pemberian dan hadiah dari orang tua dan sanak keluarga, seperti pakaian baru, mainan baru, jalan-jalan ke tempat rekreasi, serta lainnya.

Namun tidak dipungkiri, mengajak anak menjalankan ibadah bulan Ramadan tidaklah mudah. Oleh karena itu, berikut ini lima cara unik yang diyakini dapat mengajak anak cinta pada bulan Ramadan.

1. Membuat Kalender Aktivitas

Membuat kalender aktivitas selama bulan puasa adalah salah satu cara unik mengajak anak. Kalender aktivitas ini juga bisa dimanfaatkan untuk menetapkan target atau capaian yang akan dilakukan anak secara sukarela. Jangan lupa, berikan penghargaan atas setiap pencapaiannya, contohnya tanda bintang atau tanda tangan pada kalendernya. Memberikan makanan atau sesuatu yang disenanginya juga bisa menjadi hadiah atas capaiannya.

2. Menyusun Menu Sederhana Sahur dan Berbuka

Pada bulan ramadan, anak-anak seringkali mengajukan beragam permintaan, termasuk untuk menu sahur dan berbuka. Nah, kali ini Ladies dapat menyertakan anak menyusun menu sederhana yang disukainya untuk sahur dan saat buka puasa. Sebelum itu, sebaiknya anak tetap diberikan pengertian bahwa menu yang dibuat sederhana dan tidak berlebihan.

3. Mengajak Wisata Religi

Mengajak anak mengunjungi tempat-tempat bersejarah di bulan ramadan dapat menambah kecintaan anak pada bulan mulia ini.

Ladies bisa mengajak anak ke masjid atau tempat bersejarah bagi perkembangan Islam yang ada di daerah tempat tinggal. Dengan demikian, anak akan merasa bahagia. Mereka juga bisa menikmati suasana lain dalam bulan puasa yang belum pernah diperolehnya

4. Menghidupkan Ibadah Sunnah Bersama

Bagi umat muslim, menghidupkan hari-hari di bulan Ramadan dapat dilakukan dengan ibadah salat Tarawih, tadarus Alquran, maupun ibadah sunah lainnya. Ladies dapat menjelaskan pada anak, ibadah apa saja yang dianjurkan Rasulullah saw di bulan puasa. Tujuannya adalah agar anak dapat mengikuti dan mencintai rasulnya.

5. Mengajari Anak Berbagi

Barangkali Ladies dapat mengenalkan anak tentang  makna berbagi atau yang biasa dikenal dengan sedekah. Konsep ini, dapat dikenalkan melalui kebiasaan memberikan sebagian dari apa yang dimiliki kepada orang yang pantas menerimanya, seperti anak yatim dan fakir miskin. Pastikan, anak berbagi dari barang pribadinya sendiri agar mereka ikut merasakan kesusahan orang lain, dan ikhlas.

Semoga penjelasan di atas dapat memberikan inspirasi bagi Ladies untuk melakukan cara-cara unik dan menarik agar anak dapat mencintai bulan Ramadan dan bahagia menjalankan ibadah di dalamnya.

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment