Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas Baik

Hai, Smart Ladies!

Telur merupakan salah satu bahan makanan sehat yang banyak digemari masyakarat karena memiliki kandungan protein tinggi. Dalam putih telur, terkandung 6 gram protein dan asam amino esensial, sedangkan kuning telur mengandung 90% kalsium, mineral, dan zat besi.

Saat membeli telur di pasar, warung, atau swalayan, kadang kita kurang jeli untuk memastikan kualitas telur. Padahal kalau telur yang kita pilih ternyata sudah lama atau bahkan busuk, tentu tidak baik untuk kesehatan.

Nah, bagaimana cara memilih telur yang segar dan berkualitas baik? Yuk, kita simak ulasan berikut ini:

1. Memeriksa Warna Cangkang

Pertama, kualitas telur bisa dilihat dari cangkangnya. Pilihlah cangkang yang berwarna pekat dan tampak cerah. Telur yang sudah lama dan tidak segar biasanya berwarna kusam dan sedikit keruh, terkadang ada bintik-bintik hitam yang disebabkan pertumbuhan jamur.

sumber : the-chiken-chick.com

2. Melihat Ukuran Telur

Telur berukuran terlalu kecil, biasanya berasal dari ayam yang masih muda dan ini berpengaruh pada ukuran kuning telur. Telur yang ukurannya terlalu besar dihasilkan dari ayam yang sudah tua, cangkangnya lebih tipis sehingga mudah pecah.

Pilihlah telur yang ukurannya sedang, umumnya, satu kilogram telur berisi 14-15 butir.

sumber : backyardpoultrymag.com

3. Bentuk Cangkang

Jangan memilih telur yang cangkangnya retak, meskipun hanya sedikit. Telur mudah terinfeksi kuman dan bakteri melalui cangkangnya maka pilihlah telur yang masih utuh sempurna dan tebal.

Cangkang telur yang tipis lebih rentan mengalami retakan halus sehingga membuat pori-pori terbuka. Hal ini membuat udara dapat masuk ke dalam yang membuat telur mudah rusak dan cepat busuk.

sumber : readlive.readnaturally.com

4. Menggoyang/Mengocok Telur

Cobalah goyang atau kocok telur, jika terasa ada gerakan di dalam yang mengikuti gerakan, tandanya sudah tidak segar lagi. Kuning telur yang bergerak menandakan tali pusatnya (yang mengikat kuning telur dengan cangkang) sudah putus, salah satu penyebabnya adalah penyimpanannya sudah lama. Pilihlah telur yang tidak terasa bergoyang dan tidak bersuara saat dikocok.

5. Merendam Telur

Cara ini agak sulit dilakukan saat membeli telur, tetapi setidaknya bisa dilakukan di rumah sehingga Ladies bisa memastikan apakah telur masih layak dikonsumsi.

Caranya, masukkan telur dalam gelas yang diisi air. Telur yang tenggelam dalam posisi tidur menandakan masih baru dan segar. Jika ujungnya yang lebih lebar sedikit terangkat, berarti telur sudah berusia sekitar satu minggu. Telur yang tenggelam dengan ujung lebarnya mencuat seperti mengambang, artinya sudah berusia sekitar tiga minggu. Telur yang mengambang berarti sudah rusak dan tidak layak dikonsumsi.

sumber : infotelurayam.com

6. Pecahkan Telur dan Periksa Isi Telur

Cara terakhir adalah memecahkan telur dalam wadah. Telur yang bagus, bagian kuningnya berbentuk bulat sempurna dan mempunyai lapisan putih telur tebal dan kental. Sedangkan, jika kuning telurnya pecah dan lapisan putihnya encer, apalagi sampai menyatu, maka telur tersebut tidak layak dikonsumsi.

sumber : drstevenlin.com

Itulah beberapa tips memilih telur yang baik dan segar. Cara ini juga bisa dipraktikkan untuk memeriksa kualitas telur yang Ladies simpan di rumah. Selamat mencoba, ya!

Related posts

Leave a Comment