4 Destinasi Wisata Religi yang Bernilai Sejarah bagi Umat Islam di Kalimantan Barat

Hai, Smart Ladies!

Senang jalan-jalan ke tempat bersejarah dan sarat pengetahuan tentang keislaman? Kali ini, Ladies akan mengenal lebih jauh beberapa destinasi wisata religi yang memiliki cerita dan sejarah di Kalimantan Barat, Indonesia.

Kalimantan Barat dikenal sebagai salah satu provinsi yang dilalui garis khatulistiwa dan berbatasan dengan negara tetangga, Malaysia. Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Di tempat ini, Ladies akan menemukan tempat menarik, termasuk wisata religi yang mempunyai cerita dan sejarah masing-masing.

Tempat-tempat tersebut memiliki keunikan dan juga daya tarik tersendiri. Di bawah ini, empat destinasi wisata religi di Kalimantan Barat yang pantas Ladies kunjungi.

1. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak berada di pusat kota Pontianak tepatnya berada di pinggiran Sungai Kapuas. Sungai ini adalah salah satu sungai yang terpanjang di Indonesia. Bangunan masjid mengikuti gaya klasik Melayu. Di dalam bangunan masjid, terdapat enam tiang besar yang terbuat dari kayu belian. Masjid ini menjadi penanda bahwa Islam pertama kali berkembang di Pontianak disebarkan oleh raja Pontianak yaitu Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.

2. Makam Kesultanan Pontianak

Makam Kesultanan Pontianak hanya beberapa kilometer dari pusat kota. Di sini, terdapat komplek pekuburan kerajaan Pontianak, yaitu Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Raja pertama yang mendirikan kota Pontianak pada tahun 1771.  Makam kerajaan Kesultanan Pontianak ini sarat nilai-nilai sejarah dan kebudayaan Melayu sehingga menjadi salah satu pusat destinasi wisata religi di Kaliman Barat.

3. Masjid Raya Mujahidin

Masjid Raya Mujahidin terletak di Jalan A. Yani dan didirikan pada tahun 1978. Masjid ini dibangun 2 lantai di atas tanah seluas 4 hektar. Masjid Mujahidin menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat umumnya dan umat Islam khususnya karena mampu menampung sembilan ribu jamaah serta lebih dari seribu kendaraan. Pada bulan Ramadan Masjid Mujahidin dipadati jamaah untuk melaksanakan buka puasa bersama dan salat tarawih. Pada sore hari, halaman masjid diramaikan oleh penjual juadah makanan dan minuman yang dikunjungi warga Kota Pontianak dan sekitarnya. Selain itu, setiap minggu pagi, di sekitar masjid akan diramaikan oleh kegiatan car free day bagi warga Kota Pontianak.

4. Masjid Jami’atul Khair

Masjid Jami’atul Khair adalah ikon Kabupaten Mempawah dan menjadi penanda perkembangan agama Islam di Mempawah. Masjid Jami’atul Khair dibangun pada tahun 1906 oleh panembahan Mempawah yaitu Gusti Muhammad Taufiq Aqamaddin yang memimpin kerajaan Kabupaten Mempawah. Keunikan masjid ini, menurut dunia- masjid.islamic-center.or,id kepengurusan masjid sejak awal hingga saat ini berjumlah 20 orang. Hal ini melambangkan 20 sifat Allah Swt.

Jadi, tunggu apalagi Ladies. Yuk, segera kunjungi destinasi wisata religi di Kalimantan Barat yang sangat menarik dan akan menambah keimanan serta ketakwaan kepada Allah Swt.

 

mbok jun wati

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment