Tips untuk Orang Tua dalam Mendampingi Anak Beribadah di Bulan Ramadan


Halo, Smart Ladies!
Bulan Ramadan adalah bulan suci bagi umat Islam, bulan yang kehadirannya sangat ditunggu. Pada bulan ini, seluruh amalan akan dilipatgandakan pahalanya. Setiap manusia yang beriman berusaha melakukan banyak ibadah untuk menjadi manusia yang benar-benar bertakwa.


Setiap orang tua tentu menginginkan anak-anak menjadi saleh dan salihah. Pada bulan Ramadan, kita berusaha mendampingi anak-anak dengan baik. Ladies, berikut tips orang tua dalam mendampingi anak beribadah di bulan Ramadan.


1. Memperkenalkan Iman

Tiap muslim wajib mengenal Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Mengenalkan akan Allah sebagai satu-satunya yang harus disembah kepada anak.
Dengan mengajarkan ke mereka tentang siapa Allah, aturan dan larangan-Nya merupakan cara untuk membekali mereka dengan kokohnya iman agar mereka mampu dan selalu hidup di jalan kebenaran.


2. Tunjukkan Kasih Sayang

Orang tua harus menunjukkan betapa kita mencintai dan menyayangi mereka. Orang tua jangan segan menunjukkan kasih sayangnya , sehingga anak-anak merasa benar-benar dicintai dan disayangi.
Kasih sayang yang kita berikan sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan sehingga menyebabkan mereka menjadi manja dan tidak mandiri. Memanjakan anak akan membuatnya menjadi manusia yang lemah dan tidak percaya diri.


3. Tidak Ada Imbalan di Awal Ramadan

Terkadang, orang tua memancing anak untuk beribadah dengan iming-iming hadiah. Kita memang dianjurkan memberikan hadiah untuk anak saat mereka berbuat baik dan hukuman saat mereka berbuat salah. Namun, hadiah dan hukuman harus diberikan sewajarnya.
Saat baru mengawali Ramadan, Ladies jangan memberitahu terlebih dahulu hadiah puasa bagi mereka. Namun, saat Ramadan hampir berakhir, katakan kepada mereka hadiahnya dan ingatkan bahwa semua itu rizki dari Allah.


4. Jadilah Contoh

Rasulullah memerintahkan agar orang tua menjaga diri dan keluarganya dari api neraka. Salah satu caranya mendidik dan menjaga mereka dari neraka adalah menjadi teladan untuk mereka.
Anak merupakan makhluk yang sangat lugu sehingga mereka butuh panutan dan contoh dalam beribadah dan kehidupannya. Kita sebagai orang tua adalah contoh yang terdekat dengan mereka, karena hidup bersamanya.


5. Sabar

Setiap orang tua dituntut untuk memerintahkan keluarganya beribadah dan menyembah kepada Allah, dan bersabarlah. Saat kita memerintahkan mereka melakukan ibadah hendaklah bersabar dan setahap demi setahap. Berikan perintah beribadah sesuai tahap umur dan ilmu yang dimiliki anak agar mereka benar-benar melakukan ibadah dengan baik. Dengan demikian, anak-anak dapat menjalani semua ritual ibadah dan menyelesaikan tahapa-tahapanya dengan kesadaran dan kebahagiaan.


Nah, Ladies, semoga tips ini membuat kita bisa mendampingi anak di bulan Ramadan dan menjadikan mereka generasi rabani.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment