Mengenal Kota Kudus, Jawa Tengah

Hai, Smart Ladies, adakah yang belum tahu Kota Kudus?

Untuk mengetahui letaknya, bisa mengecek pada peta di gawai masing-masing. Kota Kudus berhimpitan dengan empat Kabupaten, yaitu Demak, Jepara, Pati, dan Grobogan. Kota Kudus merupakan kota terkecil di Jawa Tengah, dengan luas wilayah 42,516 Ha. Walaupun kota terkecil, jumlah penduduknya tergolong padat, 841.499 jiwa yang tercatat di tahun 2016.

Tentunya di kota ini juga terdapat makanan khas Kudus, seperti soto kudus, sego jangkrik, nasi liwet, pecel pakis, dan sebagainya. Soto kudus yang populer di kota ini menjadikan banyak warung soto yang terkenal di sini.

Setiap kota memiliki ciri khas, baik kota besar maupun kota kecil. Sebutan atau julukan bagi setiap kota yang menjadikan berbeda, ya, Ladies. Di bawah ini berbagai julukan pada kota Kudus.


1. Kota Kretek

Kota Kudus disebut kota kretek karena terdapat berbagai perusahaan rokok di kota ini. Ada Pabrik Djarum, Nojorono, Sukun, dan beberapa pabrik kecil lainnya. Bahkan, pertama kali pembuatan rokok kretek dimulai di kota ini, yang dipelopori oleh Nitisemito, seorang pebisnis yang andal di bidang ini. Rokok kretek dibuat dengan cara modern.

2. Kota Santri

Smart Ladies sudah tahukah, bahwa di Kudus ini terdapat dua wali besar yang menyebarkan agama Islam? Iya salah dua dari Walisongo, yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria. Hal ini menjadikan banyaknya pondok pesantren di kota ini, sehingga disebut kota santri.

3. Kota Industri

Sebutan kota industri ini dikarenakan banyaknya perusahaan besar di Kota Kudus ini, seperti Djarum, Polytron, Nojorono, dan sebagainya. Bahkan, Pabrik Djarum ini memiliki pabrik di setiap kecamatan. Hal ini menyebabkan sebagian penduduk di Kota Kudus bermata pencaharian sebagai buruh pabrik. Di Kota Kudus ini juga terdapat beberapa mal besar, seperti ramayana, hypermart, matahari dan Swalayan ada. Konon katanya, bisnis yang lancar ini berkat berkah dari para sunan yang ada di sini.

Ternyata walaupun Kota Kudus ini kota yang kecil, tetapi memiliki banyak julukan, ya, Ladies. Apa julukan di kotamu? Yuk berbagi cerita untuk memberikan info daerah di Indonesia. Berbagi wawasan akan membuat kita semakin mencintai negeri kita ini.

Sumber gambar utama : kumparan.com

Related posts

Leave a Comment