Aneka Jamur yang Bisa Dikonsumsi dan Manfaatnya

Hai, Ladies!

Fungi atau jamur merupakan organisme bersel tunggal dan tidak memiliki klorofil. Jamur sering dijadikan alternatif pengganti daging untuk para vegetarian karena rasanya gurih.

Di Indonesia, ada banyak jenis jamur dijual di pasaran, masing-masing punya bentuk, tekstur, dan rasa tersendiri. Selain itu, jamur juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki banyak nutrisi.

Yuk, kenali dulu beberapa jenis jamur yang sering dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan agar tidak salah beli.

1. Jamur Tiram

Jamur ini paling populer di antara jenis lainnya, biasanya diolah menjadi jamur crispy. Selain itu, banyak yang mengolahnya dengan ditumis, disate, bahkan menjadi siomai. Jamur tiram mempunyai ciri khusus, warnanya putih dan krem, tangkai tudungnya menyerupai cangkang kerang dengan bagian tengah cekung.

Beberapa manfaat jamur tiram, yaitu mencegah anemia, meningkatkan sistem imunitas, mengatasi kolesterol, mampu mencegah tumor, dan kanker.

jamur tiram/pinterest

2. Jamur Kancing

Sesuai namanya, bentuk jamur ini menyerupai kancing pakaian. Jamur kancing memiliki bentuk bulat, warna putih bersih, krem, dan cokelat.

Setiap butir jamur kancing berukuran besar mengandung sodium, vitamin B, potasium, serta bebas lemak. Selain itu, jamur kancing juga memiliki kandungan mineral yang tinggi dan rendah kalori. Jamur ini sering diolah dengan cara ditumis atau menjadi bahan tambahan dalam mi ayam, sup, bahkan piza.

jamur kancing/pinterest

3. Jamur Merang

Disebut  jamur merang karena biasanya tumbuh di merang atau jerami. Bentuk jamur mirip kuncup bunga melati berwarna cokelat gelap atau abu-abu biasanya dikonsumsi jamur saat masih muda dan belum mengembang.

Jamur merang bisa diolah menjadi tumisan atau tongseng dengan campuran berbagai sayuran.

Manfaat jamur merang bagi kesehatan antara lain menghambat tumbuhnya sel kanker, memperkuat tulang, mencegah darah rendah, serta baik untuk diet dan penderita jantung.

jamur merang/pinterest

4. Jamur Kuping

Bentuknya tipis dan kenyal, berwarna putih dan hitam. Jamur ini dijual dalam bentuk basah atau kering. Biasanya, jamur kuping diolah menjadi aneka tumisan, sup dan dicampur dengan sayuran.

Manfaat dari jamur kuping adalah mengatasi hipertensi, anemia, mengurangi panas akibat luka bakar, dan mengobati ambeien.

jamur kuping/pinterest

5. Jamur Shiitake´╗┐

Orang Asia mengenal jamur shiitake dengan sebutan Chinese black mushroom, biasanya digunakan dalam masakan Jepang dan berwarna cokelat gelap. Jamur ini dijual dalam bentuk kering sehingga harus direndam terlebih dahulu sebelum diolah.

Manfaat mengonsumsi jamur shiitake, antara lain melancarkan sirkulasi darah, mengatasi kelelahan, meredakan gangguan hati bahkan menjadi sumber energi dalam tubuh.

jamur shiitake/pinterest

Itulah beberapa jenis jamur yang populer dan banyak dikonsumsi di Indonesia. Selain enak, jamur-jamur tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Yang mana favorit Ladies?

Related posts

Leave a Comment