Waspada Saat Melewati Tikungan, 5 Kelalaian Ini Bisa Berakibat Fatal

Halo, Smart Ladies!

Berkendara di jalan raya bagi sebagian orang mungkin sangat menyenangkan.
Disamping mempermudah aktivitas sehari-hari, berkendara bisa menjadi salah satu cara untuk mengisi masa liburan sekolah. Kita juga bisa berkendara untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Saat ini kendaraan bukan lagi barang mewah melainkan sudah menjadi kebutuhan. Sayangnya  sebagian orang tidak safety saat berkendaraan. Kecelakaan pun kerap terjadi lantaran pengendara tidak berhati-hati, seperti memacu kendaraan terlalu kencang ketika jalan licin, di tanjakan atau tikungan.

Hal yang terakhir ini kerap membuat seseorang membuat keputusan yang salah dan berakibat fatal. Oleh karena itu, berikut ini 5 keputusan yang berakibat fatal ketika melewati tikungan. Apa saja kelalaian itu?

1. Tidak Menyalakan Lampu Sein

Lalai dan tidak fokus saat berada di tikungan menjadi salah satu keputusan yang fatal dan mendatangkan kecelakaan. Karena terlalu fokus pada gas, pengendara tidak ingat untuk menyalakan lampu sein. Kelalaian ini bisa menyebabkan kecelakaan karena nyala lampu sein juga menjadi panduan bagi pengendara di belakangnya.

2. Terlalu Percaya Diri

Pengendara yang suka kebut-kebutan biasanya terlalu percaya diri. Mereka sering tidak peduli pada rambu-rambu lalu lintas, bahkan tidak jarang mengerem kendaraan secara mendadak saat berada di tikungan. Ini tentu bisa berakibat fatal dan mendatangkan kecelakaan bagi pengendara maupun pengguna jalan.

3. Tidak Sabar atau Terburu-buru

Masa-masa liburan atau momen perayaan biasanya jalanan menjadi sangat ramai. Tidak sabar atau terburu memacu kendaraan tanpa menghiraukan posisi kendaraan atau keadaan jalan saat melewati tikungan adalah keputusan yang tidak seharusnya dilakukan pengemudi kendaraan.

4. Terpancing Emosi

Sebagian orang sering terpancing emosi saat berada di tikungan. Sementara kondisi jalan yang licin, ramai, dan padat pengendara justru mengambil keputusan salah dan membahayakan keselamatan semua pengguna jalan. Misalnya, mendahului kendaraan lain.

5. Ceroboh

Ceroboh adalah salah satu keputusan yang tidak logis saat berkendaraan. Contoh perbuatan yang ceroboh adalah melakukan manuver atau menekan gas, dan menghidupkan klakson berlebihan sehingga membuat panik pengendara lain.  

Ladies, dengan menghindari lima kelalaian saat berada di tikungan, selalu menaati rambu-rambu lalu lintas, dan waspada saat berkendara, kita bisa terhindar dari hal-hal yang bisa menimbulkan risiko kecelakaan. Kita bisa menikati perjalanan dan selamat sampai di tujuan.

 

mbok jun wati

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment