Tips Sederhana Membuat Santan Siap Saji

Ada yang mengatakan, makanan yang bersantan itu sedap. Santan yang berasal dari perasan buah kelapa termasuk yang banyak mengandung lemak. Santan yang gurih menjadikan masakan yang dibuat banyak diminati, walaupun tak semua masakan cocok menggunakan santan, ya, Ladies.

Santan bukan hanya dapat dicampurkan dalam makanan, tetapi pada minuman pun enak. Makanan ataupun minuman akan terasa sedapnya menggunakan cairan perasan kelapa ini.

Ternyata dalam santan tidak terkandung kolesterol. Namun, banyaknya lemak dalam santan ini yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, yaitu lemak jenuh. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah arteri. Nah, hal ini yang dapat menghambat aliran darah ke jantung dan otak.

Lemak jenuh dalam santan inilah yang menyebabkan sebagian orang menghindari atau menguranginya. Akan tetapi, dalam santan tidak hanya terkandung lemak. Ada juga karbohidrat, protein, natrium, kalium, dan vitamin. Ya memang, segala sesuatu yang berlebihan itu kurang baik.

Sebagian wanita berpikir hemat, termasuk dalam memasak makanan. Kita bisa juga menyiapkan santan dengan cepat, tetapi bukan santan instan. Ini santan alami yang siap saji. Yuk, simak tips sederhana membuat santan siap saji berikut ini :


1. Siapkan Parutan Kelapa

Kita bisa memarut kelapa dengan tangan atau mesin alias diparutkan di pasar atau semacamnya. Kita bisa memilih kelapa yang tak terlalu muda, agar cocok untuk makanan ataupun minuman.

2. Peraslah Kelapa Parut

Santan yang kental itu memang rasanya lebih enak, ya. Kita memeras kelapa parut ini sampai hasil santan menjadi bening.

3. Rebuslah Santan

Setelah santan jadi, kita bisa merebusnya hingga mendidih agar matang dan bakteri jahat mati.

4. Tambahkan Garam

Sebelum santan mendidih, kita tambahkan garam sedikit, agar dapat langsung dapat dimasukkan pada masakan ataupun minuman yang akan disajikan.

5. Tunggulah Santan Hingga Dingin

Setelah santan mendidih, kita bisa menunggunya hingga dingin sebelum disimpan nantinya.

6. Masukkan Santan ke Plastik

Setelah santan dingin, kita bisa segera memasukkannya ke dalam plastik. Bisa plastik bening dengan ukuran besar atau kecil. Ukuran plastik kecil biasanya pas untuk dicampurkan ke dalam minuman, seperti es sirup, es campur, dan lainnya.

7. Simpanlah di Freezer

Santan akan membeku jika dimasukkan ke dalam freezer sehingga akan tahan lebih lama. Kita bisa langsung mempersiapkan ketika membutuhkannya, bisa didiamkan dahulu atau memasukkannya ke dalam air.

Inilah tips sederhana membuat santan alami siap saji. Cara ini dapat membuat kita lebih hemat dan dapat mengurangi penggunaan santan dalam makanan. Kita bisa mengatur penggunaan santan secara minimal. Semoga tips sederhana ini dapat bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment