6 Tren yang Terjadi di Bulan Puasa

Dear, Smart Ladies!

Sudah siap menjalankan ibadah bulan puasa? Ya, tentu saja. Bulan puasa adalah momen besar yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh penjuru dunia. Selama 30 hari, kita akan menerima berbagai keberkahan.

Selain itu, bulan puasa memberikan banyak peluang bisnis bagi semua kalangan, mulai dari ibu rumah tangga, pemuda, hingga pengusaha, dan lainnya. Berbagai jenis pekerjaan dan aktivitas lain yang bermanfaat dapat dilakukan di bulan puasa.

Pada bulan ini, berbagai manfaat dapat diperoleh, mulai dari pahala berpuasa hingga pahala dari berbagai ibadah yang mengiringinya. Selain itu, ada beberapa tren yang marak terjadi di bulan ini. Beberapa di antara tren itu adalah sebagai berikut :

1. Gadai

Menurut cnnindonesia.com, tren permintaan pembiayaan masyarakat Indonesia pada bulan Ramadan adalah melalui gadai. Biasanya, puncak tren di awal bulan puasa. Sebagian besar alasan melakukan gadai adalah untuk modal kerja (berjualan). Barang yang digadai juga bermacam-macam, seperti perhiasan logam mulia, barang elektronik, dan kendaraan.

2. Kendaraan Baru

Jika ingin membeli kendaraan baru, sebaiknya lakukan di bulan puasa. Pada bulan ini, distributor atau showroom kendaraan banyak menyediakan harga promo, seperti cashback, cuci gudang, paket layanan, dan asuransi gratis.

3. Kuliner

Aneka makanan paling mudah diperoleh saat bulan puasa. Biasanya, menjelang sore hari, berbagai makanan dan minuman banyak dijual di beberapa tempat, seperti lingkungan masjid, di pinggir jalan, dan tempat keramaian. Adapun kuliner yang sering diburu masyarakat di bulan penuh berkah ini contohnya aneka gorengan seperti aneka gorengan, kreasi es buah dalam beberapa varian, aneka kolak, bubur sumsum, dan lauk-pauk.

4. Bisnis Dadakan

Sudah menjadi rahasia umum, bulan puasa menjadi ajang untuk berniaga. Menjalankan usaha dadakan selama 1 bulan penuh, diyakini bermanfaat menambah pemasukan bagi ibu rumah tangga dan kalangan wrausaha atau enterpreneur. Aneka jenis usaha  yang banyak dijumpai adalah  menjual makanan, takjil, buah-buahan segar, jajanan pasar, aneka kurma,  pakaian hingga kue lebaran.

5. Buka Bersama (Bukber)

Hampir seluruh umat Islam di belahan dunia setuju bahwa momen yang paling heboh di bulan puasa adalah buka puasa bersama. Bagi masyarakat Indonesia, bukber atau buka bersama alias ngabuburit ini sudah menjadi ciri khas saat bulan puasa. Buka barsama sering dilaksanakan untuk menjalin keakraban keluarga, kerabat, teman kerja atau sekadar untuk reuni teman sekolah.

6. Berburu Peralatan Elektronik

Saat bulan puasa, pusat-pusat perbelanjaan, terutama elektronik, selalu dibanjiri pengunjung karena menyediakan diskon atau potongan harga besar-besaran. Nah, momen ini dimanfaatkan masyarakat untuk membeli peralatan elektronik, seperti televisi, gawai, kipas angin, dan lainnya.

Nah, menarik, ya Ladies! Semoga keenam tren yang terjadi pada bulan puasa, seperti dikemukakan di atas dapat menjadi rujukan dalam menentukan pilihan. So, yang mana sering Ladies lakukan?

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment